Senin, 09 Jul 2018 18:33 WIB

Penjualan Motor

Skuter Matik Makin Ngacirrr!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Mindra Purnomo Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Penjualan sepeda motor di Indonesia didominasi oleh motor jenis skuter matik (skutik). Penjualan skutik makin moncer. Mungkin karena mengendarai skutik lebih sederhana ketimbang harus mengoperasikan motor bertransmisi manual.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diperoleh detikOto, Senin (9/7/2018), popularitas skutik semakin tinggi di Indonesia. Bahkan, lebih dari 80 persen penjualan motor di Indonesia adalah jenis skutik.

Data wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) menyatakan, skutik menyumbang penjualan sebesar 83,93 persen dari total penjualan sepeda motor di Indonesia sepanjang Januari-Juni 2018. Selama periode itu, total sudah ada 2.520.315 unit sepeda motor jenis skutik yang terjual.



Bahkan, daftar 10 motor terlaris di Indonesia pun didominasi oleh motor jenis skutik. Dari daftar 10 motor terlaris itu, hanya ada satu motor non-skutik yang masuk, yaitu motor bebek Honda Revo. Sisanya, 9 motor terlaris di Indonesia adalah motor skutik dari Honda dan Yamaha.

Sementara motor bebek dan motor sport--meski masih ada peminatnya--sedikit tergerus penjualannya. Hanya sekitar 200.000-an unit masing-masing untuk motor bebek dan motor sport yang terjual selama periode tersebut.

Masih menurut data AISi, motor bebek hanya terjual sebanyak 239.635 unit pada Januari-Juni 2018. Motor jenis itu hanya menyumbang penjualan sebesar 7,98 persen dari total penjualan sepeda motor.



Hampir sama, motor sport pun hanya terjual 242.803 unit. Persentase motor sport sedikit lebih besar dibanding motor bebek, yaitu sebesar 8,09 persen dari total penjualan sepeda motor di Indonesia. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed