Jumat, 29 Jun 2018 10:37 WIB

Pemerintah Uji Konsumsi BBM Ertiga, Ini Hasilnya

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Suzuki Ertiga. Foto: Dok. Suzuki Suzuki Ertiga. Foto: Dok. Suzuki
Badung - Sebelum dilepas ke pasaran, pemerintah melakukan uji emisi dan mengukur efisiensi kendaraan untuk menilai apakah kendaraan itu laik jalan atau tidak. Ertiga juga sudah dites emisi dan konsumsi BBM oleh Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP).

Berapa hasilnya? Menurut Harold Donnel, Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales, Suzuki Ertiga model baru lebih irit 3,3 persen dibanding model lamanya.



"Dari hasil tes statik BT2MP untuk Ertiga otomatis 16,73 km per liter dan 18,09 km per liter untuk manual," ujarnya.

Namun Harold menegaskan hasil itu didapat dari uji statik di mesin BT2MP. Dan mobil tidak dijalankan di jalanan. Karena itu, Suzuki juga mengajak wartawan untuk menguji sampai seberapa iritnya Ertiga baru.

"Kemarin pada tes pertama beberapa rekan media bisa mencapai 27 km per liter dengan transmisi manual. Dihitung secara full to full, dengan kondisi trek yang luar biasa menantang, dengan jarak sekitar 180 km di Bali Utara," ujarnya.



Suzuki menyadari faktor konsumsi bensin merupakan salah satu alasan orang membeli mobil Suzuki.

"Kenapa kita keukeuh menggelar Liga Irit karena salah satu reason to buy membeli Suzuki, top three-nya adalah efisiensi. Jadi ini poin yang sangat penting yang ingin disampaikan kepada masyarakat bahwa Suzuki mumpuni dan itu adalah reason to buy Suzuki secara overall," ujarnya.

Berapa angka konsumsi BBM mobil yang dikendarai detikOto dan beberapa rekan media lainnya? Suzuki belum mengumumkannya sampai pagi ini, tunggu ya Otolovers. (ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed