Sabtu, 23 Jun 2018 13:12 WIB

Harley-Davidson Pernah Bikin Skuter Matik

Ruly Kurniawan - detikOto
Skuter Harley-Davidson. Foto: Carscoops Skuter Harley-Davidson. Foto: Carscoops
Milwaukee - Harley-Davidson ternyata tidak melulu memproduksi motor gede (moge) yang berpeforma tinggi. Ada kalanya perusahaan Harley-Davidson Motor Corporation (HMDC) mengikuti arus zaman dan langsung membanting haluan ke skuter. Motor tersebut dinamakan Topper.

Melansir Carscoops, motor tersebut tidak diproduksi dan dijual sekarang. Karena itu adalah sepeda motor masa lalu Harley tepatnya antara tahun 1960 dan 1965.



Harley-Davidson Topper dirakit karena mengikuti 'wabah' skuter yang melanda Amerika pada periode tersebut. Setelah berbincang dengan para engineer dan pihak terkait, terciptalah skutik bermesin 2-tak berkapasitas 165 cc, bukan mesin v-twin yang menjadi ciri khas motor Harley-Davidson sekarang.

Topper dilengkali dengan transmisi otomatis CVT yang disebut sebagai Scootaway Drive sehingga bisa menyemburkan tenaga sebesar 9 daya kuda dengan kecepatan maksimum 74 km/jam. Uniknya, mesin dari Harley satu ini berukuran kecil sehingga diletakkan di bagian floorboard bukan di bawah jok.



Sayang, motor tidak dilengkapi kipas pendingin mesin yang membuatnya seringkali overheat. Topper juga hanya memiliki rem tromol 5 inci di roda depan dan belakang. Rem depan dioperasikan dengan tuas rem dengan sistem parking brake lock, sedangkan belakangnya dikontrol lewat pedal.

Cara menghidupkan motor pun unik, bukan menekan tombol starter atau engkol tapi rope-recoil yang mengharuskan penggunanya menarik sebuah tali untuk menyalakan mesinnya seperti pada Vespa zaman dulu atau menyalakan mesin genset. Tapi sayang, motor tidak bertahan lama di Amerika dan kalah saing oleh produsen roda dua asal Jepang seperti Honda. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed