Minggu, 10 Jun 2018 16:03 WIB

Polisi Sarankan Nyetir Mudik Maksimal 4 Jam

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Direktur Registasi Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra Foto: Dadan Kuswaraharja Direktur Registasi Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Polisi mengimbau pengendara untuk tidak terlalu lama menyetir saat pulang mudik. Maksimal 4 jam saja, baik itu pengemudi truk bus maupun pengemudi mobil pribadi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Registasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra usai pelepasan rombongan bus Mudik Balik Bareng Honda 2018
di kantor PT Astra Honda Motor, Jakarta, Minggu (10/6/2018).



"Sudah ada ketentuannya untuk driver adalah 4 jam, 4 jam diberikan waktu mengemudi. Di luar negeri juga segitu, dalam sehari maksimal 8 jam, lebih dari itu kena denda dipotong. Itu juga ada ketentuannya di Undang-undang," ujarnya.

"Jadi kalau lelah langsung istirahat karena kekuatan orang itu ada batasnya. Manfaatkan rest area untuk beristirahat," ujarnya.

Kepolisian lanjut Halim tidak merekomendasikan masyarakat menggunakan motor untuk mudik karena motor bukan angkutan umum apalagi angkutan mudik. "Kita lihat kecelakaan maupun pelanggaran didominasi oleh sepeda motor. Pelanggaran seperti melawan arus, bonceng bertiga, dan lainnya, jadi sangat rentan kecelakaan," ujarnya.

Berkat berbagai program mudik bareng, Korlantas mencatat ada penurunan penggunaan motor sampai 30 persen. "Karena mudik bareng banyak difasilitasi oleh pemerintah, kemarin saya baru meninjau Tanjung Priok, banyak kendaraan dilewatkan melalui kapal ke Semarang. Di Ancol, Taman Mini, Polda juga ada. Jadi banyak imbauan agar sepeda motor tidak digunakan untuk pulang mudik dengan jarak jauh karena sangat rentan kecelakaan," ujarnya.



Namun jika pemudik memaksa diri untuk pulang kampung naik motor dia mengharapkan untuk melakukan perjalanan di siang hari. "Siang hari lebih aman, tetapi kami tidak rekomendasikan untuk naik motor," tegasnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mobil Baru Pramugari Garuda

    Mobil Baru Pramugari Garuda

    Selasa, 11 Des 2018 13:50 WIB
    Garuda Indonesia memilih Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan operasional para awak kabin. Garuda memilih varian GLS MT dengan warna Sterling Silver Metallic.
  • Lamborghini Recall 1.152 Unit Gallardo

    Lamborghini Recall 1.152 Unit Gallardo

    Selasa, 11 Des 2018 13:24 WIB
    Recall bisa terjadi pada mobil apa saja. Produsen mobil sport asal Italia Lamborghini mengumumkan akan menarik salah satu model lama, Gallardo.
  • Pramugari Garuda Diantar Xpander

    Pramugari Garuda Diantar Xpander

    Selasa, 11 Des 2018 12:20 WIB
    Pramugari dan awak kru maskapai flag carrier Indonesia, Garuda Indonesia bakal naik mobil operasional baru. Mobil itu adalah mobil MPV Mitsubishi Xpander.
  • Mobil Eropa Pecundangi Jepang

    Mobil Eropa Pecundangi Jepang

    Selasa, 11 Des 2018 12:11 WIB
    Jepang terkenal dengan mobilnya yang sangat efisien. Namun mobil terbaik di negara Jepang ternyata bukan mobil buatannya sendiri, melainkan buatan Swedia! Volvo