Sabtu, 09 Jun 2018 16:25 WIB

Kata Pemudik yang Naik Motor Bawa Anak Kecil

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pemudik Motor. Foto: Rengga Sancaya Pemudik Motor. Foto: Rengga Sancaya
Bandung - Mudik menggunakan motor memang tidak disarankan, apalagi jika membawa anak kecil. Namun ada beberapa hal yang membuat kebanyakan masyarakat tetap mudik menggunakan motor dan membawa anaknya. Yang paling penting kalau mau mudik naik motor adalah lebih banyak beristirhat dalam perjalanan.

Seperti Asep, dari Karawang yang hendak mudik ke Tasikmalaya, yang ditemui detikOto di Posko Lesehan Enduro, Nagreg, Jawa Barat. Ia menggunakan motor untuk mudik dengan istri dan anaknya yang kecil. Namun ia punya cara agar perjalanan mudiknya tetap aman meski bawa anak kecil.



"Kalau mudik bawa bocah gini setiap kota mampir ke posko, kalau sendiri atau sama istri doang paling dua kali istirahat saja," ujar Asep kepada detikOto, di area Masjid Uswatu Hasanah, Nagreg, Jawa Barat, Sabtu (9/6/2018).

Dengan begitu, perjalanan mudik memang jadi lebih lama jika dibandingkan mudik sendiri atau hanya dengan istri. Asep mengaku jika dengan bawa anak, perjalanan dari Karawang ke Tasikmalaya bisa memakan waktu hingga 7 jam.



"Kalau sendiri atau sama istri saja sih 4-5 jam. Kan karena bawa bocah nih, jadi istirahat tiap kota terus kalau mau jalan lagi tergantung bocahnya lagi, kalau dia masih belum mau jalan ya kita tunggu," tuturnya.

Asep sendiri mengaku tidak setiap tahun mudik dengan motor. Kadang ia dan keluarga menggunakan bus untuk pulang kampung.

"Alasan mudik naik motor karena hobi aja sih, saya juga nggak setiap tahun pakai motor (untuk mudik)," ucapnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed