Rabu, 06 Jun 2018 12:01 WIB

Ini Alasan Orang Keukeuh Mudik Naik Motor

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: ilustrasi mudik naik motor Foto: ilustrasi mudik naik motor
Jakarta - Mudik dengan motor sangat tidak dianjurkan, karena motor tidak didesain untuk perjalanan jarak jauh. Meski begitu, masih banyak orang yang mudik naik motor. Gengsi jadi salah satu faktor orang keukeuh mudik naik motor.

Seperti yang disampaikan Kepala Seksi SIM Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, bukan hanya mobil, orang yang mudik ke kampung halamannya juga ingin terlihat lebih keren dan sukses dengan motornya.




"Kalau biasanya sih begini, mereka kan punya motor, mau dibawa ke rumahnya (kampung halaman), mau dilihatin ke keluarganya," ujarnya saat menyambangi detikcom.

Selain itu, motor juga dianggap masih menjadi alat transportasi nomor satu, terutama bagi mereka yang memang membutuhkan motor untuk keliling kampung halaman bertemu sanak keluarga dan kerabat, juga yang status ekonominya menengah ke bawah.

"Pengen jalan-jalan di kampungnya, jadi memang motor ini sebagai alat transportasi yang masih dibutuhkan masyarakat, untuk jalan ke mana-mana," tutur Fahri.

"Bahkan ada juga yang bapaknya naik motor, anak dan ibunya dititipin di mudik bersama, masih ada tren kaya gitu," tambahnya.



Lebih lanjut Fahri menjelaskan, pihak kepolisian saat ini hanya bisa memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai upaya mengurangi pemudik motor. "Tugas polisi hanya bisa mengedukasi, karena tugas kami menciptakan masyarakat yang peduli dengan keselamatan," lanjutnya.

Infografis mudik naik motorInfografis mudik naik motor Foto: Mindra Purnomo


(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed