Selasa, 05 Jun 2018 11:56 WIB

Ngaji 1 Juz, Servis Motor Gratis

Ibnu Munsir - detikOto
Foto: Ibnu Munsir Foto: Ibnu Munsir
Makassar - Bulan Ramadan biasanya banyak kebutuhan, namun jika Anda ingin menghemat biaya servis motor, coba berkunjung ke bengkel ini, di sana, ngaji Alquran sebanyak 1 juz bisa gratis servis.

Hasanuddin (46), pemilik Bengkel Ramaja Motor di Jalan Hertasning, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar menggratiskan seluruh biaya servis motor bagi para pelanggannya yang datang. Dengan syarat mereka membaca ayat suci Al-Qur'an sebanyak 1 juz.

Ditemui detikcom di Bengkel miliknya, Hasanuddin mengatakan ini di lalukan Hasanuddin untuk memotivasi masyarakat untuk selalu membaca Alquran, menambah amalan di bulan Ramadan dengan mengajarkan hidup sederhana, banyak bersyukur dan ikhlas dalam bekerja.

"Ini bulan Ramadan pasti orang mau banyak amalanya, ya ini yang saya lakukan, supaya masyarakat, warga muslim juga berlomba dalam kebaikan, membaca Alquran di bulan Ramadan, banyak bersyukur," kata Hasanuddin ditemui di bengkelnya, Jalan Hertasning, Selasa (5/6/2018).

Tak perlu kuatir, jika ke bengkel ini masyarakat yang akab mengaji namun tak membawa Alquran, Hasanuddin telah menyiapkan bagi pelanggannya. Sementara untuk servis motor disesuaikan kebutuhanya, seperti, mengganti oli, kampas rem, ban, lampu, hingga servis ringan.



"Memang sudah Alquran kami siapkan, berapapun yang datang ada, jadi tak perlu khawatir. Ada juga memang yang datang bayar tapi mau baca Al Quran silahkan. Tapi ditempatku gratis kalau hanya 1 juz," terangnya.

Ditanya mengenai keuntungan yang didapatkan, jika menggratiskan bengkel miliknya selama Ramadan, Hasanuddin mengungkapkan selama berjalan
usahanya tersebut memang mengalami penurunan omzet. Namun, setelah beberapa hari terus berjalan usahanya terus meningkat. "Memang awal awal kita kesulitan, tapi lama kelamaan, Alhamdullilah lancar dan meningkat," paparnya.



Untuk idenya, Hasanuddin menceritakan ide tersebut mulai diterapkannya sejak Juli 2015 lalu, saat memasuki bulan Ramadan. Ia melihat ada tiga sampai lima orang yang membaca Al Quran di bengkel yang berdiri sejak 2014 itu. Mayoritas, remaja seperti mahasiswa dan pelajar yang selalu mengikuti program baca Al Quran tersebut.

"Idenya karena ada yang baca Al Quran, jadi bagaimana kalau saya gratiskan saja kalo baca 1 juz, di situ awal mulanya," tutupnya.

Sementara itu, Rafi salah seorang pelanggan mengapresiasi pemilik bengkel yang mampu mengratiskan biaya servis motor jika hanya dengan mengaji, karena mampu memotivasi warga untuk beramal selama Ramadan. "Cukup bagus juga, bagaimana di Ramadan ini kita meningkatkan keimanan kita juga, semangat beribadah," kata Rafi.

Rafi berharap, usaha bengkel milik Hasanuddin terus berjalan lancar, dan memotivasi remaja untuk mau dan menyempatkan membaca Al Qur'an selama Ramadan.

"Tahu sendirikan sulit ada waktu, ya di tempat ini kita diingatkan ingat juga, mau baca ayat. Semoga usaha Pak Hasanuddin lancar dan berkah," tutupnya.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed