Senin, 28 Mei 2018 07:04 WIB

Cocok Tidak Ya kalau Bensin Euro 4 Dimasukkan ke Motor Sekarang?

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah sudah menetapkan bahwa pada 7 Oktober nanti standardisasi gas emisi pada kendaraan sudah harus ke Euro 4. Bahkan di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada Agustus mendatang, langkah tersebut akan dirayakan. Jadi, tidak butuh waktu lama bensin yang beredar akan memiliki standar Euro 4 juga. Lantas bagaimana nasib sepeda motor yang masih Euro 3, ya?

Terkait hal ini, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan bahwa meskipun sepeda motor sekarang masih standar Euro 3, bahan bakar bensin untuk mobil yang sudah Euro 4 tidak masalah dipakai di motor.



"Meskipun kita masih Euro 3, dimasukkan bensin yang sudah Euro 4 nanti sebenarnya tidak masalah karena masih compatible. Ya, kita akan menyesuaikan regulasi yang ditetapkan pemerintah," kata Thomas kepada wartawan di Jakarta.

"Motor Honda masih di Euro 3, tapi kita sudah beberapa tipe baru yang mulai bisa melangkah ke Euro 4 suatu saat nanti. Perubahannya tidak terlalu banyak yang dilakukan, ibaratnya. Tergantung pemerintah saja," ia menambahkan.



Thomas menuturkan bila sepeda motor harus ke Euro 4, juga akan ada hal yang berbeda dan harus disesuaikan. Hanya saja tidak terlalu signifikan dalam hal saringan bahan bakar sehingga motor sekarang masih bisa cocok kalau mengonsumsi bensin standar Euro 4.

"Seperti pipa knalpotnya, diameter pipa tersebut, sampai katalisatornya harus ada beberapa yang disesuaikan bila harus berganti ke Euro 4. Tapi secara keseluruhan tidak banyak yang berubah," tutupnya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed