Minggu, 27 Mei 2018 17:04 WIB

Honda Berevolusi Ciptakan Motor Ramah Lingkungan

Ruly Kurniawan - detikOto
Honda PCX hybrid (Foto: Rengga Sancaya) Honda PCX hybrid (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Tiap tahunnya sepeda motor yang mengaspal di Indonesia berubah-ubah. Pabrikan roda dua juga terus mengeluarkan produk baru hampir tiap enam bulan sekali. Maka, kalau dihitung di Indonesia evolusi sepeda motor untuk jadi hemat dan ramah lingkungan sudah cukup sering lho, Otolovers.

Dikatakan oleh Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya paling tidak ada dua sampai tiga kali evolusi penting sepeda motor di Indonesia. Pertama dari peralihan motor karburator ke injeksi sampai penerapai Euro 3.

"Kalau motor ramah lingkungan itu sebenarnya dengan kita sudah sampai ke Euro3, dan nanti bisa naik ke Euro4, sudah pasti karbon monoksidanya berkurang, nitrogen oksidanyajuga. Kemudian pasti jauh lebih irit bahan bakarnya. Jadi sebenarnya kita sudah berevolusi dua sampai tiga kali untuk menciptakan produk-produk yang ramah lingkungan dan semakin irit," kata Thomas kepada wartawan di Jakarta.



"Seperti halnya, penerapan motor injeksi di sekitar 2012, sudah enam tahun lalu, nah itu satu contohnya," lanjutnya.

Belum lagi, kata Thomas lagi, kini motor hybrid sudah muncul di Indonesia dan akan segera dipasarkan. Pun dengan motor dengan standar emisi Euro4.

"Untuk sekarang sepeda motor Honda masih di Euro3, tapi kita sudah ada beberapa tipe baru yang sudah bisa ke Euro4. Tapi untuk tipenya tidak bisa saya sebutkan karena akan sedikit di beberapa bagiannya berubah," tutup Thomas.

Infografis Honda PCXInfografis Honda PCX Foto: Andhika Akbarayansyah
(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed