Minggu, 27 Mei 2018 15:08 WIB

Lebaran, Motor Honda BeAT dan Vario Laris Manis

Ruly Kurniawan - detikOto
Honda BeAT (Foto: Pool/AHM) Honda BeAT (Foto: Pool/AHM)
Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) memperkirakan saat lebaran nanti penjualan sepeda motor bisa meningkat. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pertumbuhan tersebut diperkirakan akan berada di angka 15 sampai 20 persen dimana Honda BeAT dan Vario yang akan menjadi primadonanya.

Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menyampaikan angka itu merupakan hal realistis. "Bulan ini estimasi penjualan bisa tumbuh sampai di atas 15-20 persen. Kalau Ramadan mungkin kisaran 20% dibanding tahun lalu." katanya kepada wartawan di Jakarta.



"Kenaikan tersebut hampir di semua segmen, tapi biasanya di segmen-segmen yang fungsional seperti BeAT dan Vario Techno. Setelah itu mungkin beberapa motor bebek, lalu sport. Tapi motor sport tidak signifikan kenaikannya dibanding matik dan bebek," lanjut Thomas.

Kenaikan tersebut didasari oleh beberapa hal mulai dari harga pangan yang masih stabil,panen yang sedang baik, serta stabilnya harga komoditi. Cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) juga mendukung daya beli masyarakat untuk membawa pulang motor baru.

"Jadi, kita melihat pasar di tahun ini bisa jauh lebih baik dari tahun lalu. Karena, kondisi ekonomi sedang stabil dalam artian, ekonomi growth dan harga-harga pangan sejauh ini masih cukup terkendali," ucap Thomas.



"Dari sisi panenan, kita lihat dari Maret dan April cukup baik sehingga kita harapkan Juni dan Juli bisa tambah baik lagi karena kondisi tidak terlalu kering dan banjir. Lalu komoditi juga masih stabil meski ada beberapa yang turun. Terakhir yang mengejutkan adalah THR yang kata pemerintah akan naik drastis sekali. Informasinya sampai 5 kali, kan," katanya lagi.

"Nah semua faktor ini harapannya sih di lebaran nanti pasar sepeda motor bisa lebih baik daripada tahun lalu," tutup Thomas. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed