Sabtu, 12 Mei 2018 08:14 WIB

Motor Listrik Buatan Semarang Sudah Berskala Nasional

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Motor listrik Viar Q1. Foto: M. Luthfi Andika Motor listrik Viar Q1. Foto: M. Luthfi Andika
Bogor - Tahun lalu produsen asli Indonesia PT Triangle Motorindo (Viar) meluncurkan skuter matik listriknya Viar Q1. Motor diklaim sudah menyebar ke hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Seperti yang disampaikan Marketing Manager Viar, Haryadi, status Viar Q1 yang hanya beredar di Jabodetabek berubah menjadi skala nasional saat perayaan hari jadi Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ke-72.

"Pada Novemeber-Desember 2017 sudah nasional tersebar ke market potensial," ujarnya kepada wartawan, di Bogor.



Bahkan Viar Q1 pun disebut sudah sampai mengaspal ke timur Indonesia, yakni Papua. Sebabnya, kata Haryadi, Viar Q1 ini banyak diminati kebanyakan untuk pasar fleet atau perusahaan yang membeli skuter listrik buatan Semarang itu secara borongan.

"Perusahaan yang memang membutuhkan kendaraan listrik. Kayak PLN, BUMN, dan juga beberapa perusahaan swasta," katanya.

Bahkan jika diperkirakan, Viar Q1 yang rata-rata terjual hingga 500 unit per bulan itu 60 persennya dari pasar fleet. "Saya nggak hafal angka persisnya, tapi memang pasar fleet lebih besar," ucap Haryadi.



Selain itu, lebih lanjut Haryadi mengatakan, status Viar Q1 yang sudah menjadi kendaraan nasional juga tidak lepas dari peran konsumen fleet yang membeli skuter matik bermesin listrik itu.

"Ya misalnya kayak PLN konvoi dengan motor listik Viar Q1 sambil mengedukasi masyarakat tentang motor listrik, atau juga motor yang didisplay di diler, itu yang menimbulakan demand (Viar Q1)," lanjutnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed