Senin, 16 Apr 2018 19:32 WIB

Rem Skutik Blong, Ini Kata Honda

Ruly Kurniawan - detikOto
Rem blong Foto: Istimewa Rem blong Foto: Istimewa
Jakarta - Kejadian rem skutik blong terjadi lagi. Kali ini kejadian yang berlangsung di Cangar-Pacet Mojokerto terekam kamera dan disebarkan ke media sosial. Pihak PT Astra Honda Motor (AHM) pun menanggapinya.



Kepada beberapa wartawan, Endro Sutarno selaku Technical Training AHM memaparkan bahwa hal tersebut memang sering kali terjadi pada skutik. Karena, disamping kemudahan mengendarainya motor tersebut tidak memiliki engine brake sehingga pengendara motor hanya mengandalkan rem depan dan belakang.

"Bukan cuman motor Vario saja, khusus untuk matik dia itu tidak ada engine brake. Sehingga hanya mengadalkan rem depan dan belakang saja," paparnya di Jakarta, Senin (16/4/2018).



"Karena itu, dia pakai rem ini terus menerus saat turunan. Sehingga pada keadaan tertentu rem nya akan terjadi panas. Maka minyak rem nya mendidih karena ada gesekan ke cakram," lanjut Endro.

Saat diposisi tersebut, papar Endro, akan ada gelembung udara di selang rem. Sehingga akan ada angin palsu. Maksutnya, rem tetap bisa ditekan namun sebenarnya ia tidak menggigit cakram.

"Itu di motor dan mobil bisa terjadi walau sudah CBS, ABS, tromol, cakram, semuanya. Maka kadang-kadang ada bus yang turun pertama bisa lancar, lama-lama ngelos walaupun sebenarnya rem itu masih bisa diinjak," ucapnya.

Nah kalau sudah seperti ini, apa yang harus dilakukan ya?

"Pada saat itu lebih baik turun dari motor, diamkan dahulu serta siram dengan air. Dibagian cakramnya," saran Endro. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed