Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 15 April 2018, 08:03 WIB

Motor Listrik yang Dipakai Jokowi Memang Belum Ada STNK

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor Listrik yang Dipakai Jokowi Memang Belum Ada STNK Presiden Joko Widodo memboncengi Ibu Negara Iriana saat berkunjung ke Asmat, Papua. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan motor listrik saat blusukan di Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Jokowi menggunakan motor listrik dari WIM Motor (anak perusahaan produsen sepeda WIM Cycle), yaitu WIM Zero 8i.

Menurut Sales and Marketing Manager WIM, Wenson, motor listrik yang ditunggangi Jokowi memang belum ada STNK. Soalnya, saat ini belum jelas regulasi motor listrik meski beberapa produsen sudah menghadirkan motor listrik dengan STNK.

"Kalau surat-surat itu kan biasanya dibutuhkan untuk jalanan umum. Saat ini sih kita memang belum membuat (motor listrik) itu ada STNK-nya. Karena memang peruntukannya kita merasa ini untuk di perumahan, belum saatnya untuk di jalan-jalan umum," kata Wenson kepada detikOto.



Motor listrik yang ditunggangi Jokowi itu sudah beredar banyak di Papua. Bahkan, WIM Motor hanya menjajakan motor listrik itu di Papua. Dan sudah lama juga motor listrik itu dikirim ke provinsi di Indonesia paling timur tersebut.

"Yang jelas selama ini nggak ada masalah di Papua. Karena saya rasa masih abu-abu untuk kelengkapan surat-surat (untuk motor listrik) itu," sebutnya.

Namun, Wenson tak menutup kemungkinan ke depannya motor listrik WIM Motor bisa memiliki STNK. Dia menilai, pihaknya melihat perkembangan dari kesiapan masyarakat dan dari kebijakan pemerintah juga soal motor listrik.



"Seperti di China lah, memang kendaraan motor (kendaraan bermesin bakar) itu sudah dibatasi, mobillitas mereka lebih banyak motor listrik. Kalau sudah seperti itu (di Indonesia) mau nggak mau kita akan ke sana (menyiapkan motor listrik dengan surat-surat lengkap)," kata Wenson.

Wenson menyebut, Zero 8i itu hanya dijual untuk Papua, khususnya di Agats. Makanya, masyarakat Agats sudah terbiasa dengan motor-motor listrik. Yang bikin penasaran, berapa harga motor listrik itu?



"Kalau harga, biasa mereka (toko penjual motor listrik di Agats) jual di range harga Rp 12-13 juta kurang lebihnya," kata Wenson.

Untuk diketahui, WIM Motor Zero 8i menggunakan motor listrik 48 volt 1.000 watt. Motor itu menggendong baterai 48 volt 20 Ampere hour.

Motor listrik tersebut bisa menjangkau jarak 50 sampai 80 kilometer dalam kondisi baterai penuh. Waktu pengisian baterainya sampai delapan jam. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed