Jumat, 13 Apr 2018 15:30 WIB

Motor Merek Jepang Berjamuran di RI, di Jepang Pemotornya Malah Sedikit

Dina Rayanti - detikOto
Motor Merek Jepang Berjamuran di RI, di Jepang Pemotornya Malah Sedikit Foto: Pool (Instagram) Motor Merek Jepang Berjamuran di RI, di Jepang Pemotornya Malah Sedikit Foto: Pool (Instagram)
Jakarta - Sepeda motor masih menjadi pilihan utama alat transportasi sebagian besar masyarakat di kota-kota besar Tanah Air. Bahkan ada rencana untuk melegalkan sepeda motor agar bisa menjadi angkutan umum.



Meski begitu, sepeda motor buatan Indonesia masih sangat jarang. Bisa dibilang hampir semua motor yang beredar di Indonesia berasal dari merek Jepang.

Tetapi uniknya di Jepang justru sepeda motor bukanlah pilihan utama masyarakatnya dalam berkendara. Masyarakat Jepang lebih memilijh menggunakan transportasi umum yang memang sudah sangat memadai ketimbang naik motor untuk bepergian jarak jauh.



"Di Jepang motor kan produsennya dari sana semua tapi di sana motor nggak banyak jumlahnya, di sana sedikit sekali," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat kementerian Perhubungan Budi Setyadi kepada detikOto.

Budi menambahkan, pemerintah pun saat ini memang sedang menggenjot pembangungan transportasi umum agar masyarakat perlahan-lahan mulai beralih dan tak lagi naik motor karena dianggap berbahaya.



"Masyarakat kalau udah ada MRT, LRT naik itu aja kan jalan sedikit lebih sehat lah daripada naik motor," jelasnya lagi.

Rencana untuk mensahkan motor sebagai angkutan umum memang tidak disambut antusias semua pihak. Banyak yang menilai sepeda motor rentan terhadap kecelakaan. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed