Senin, 09 Apr 2018 17:11 WIB

Motor Patwal Bung Karno Sudah Ditawar Rp 145 Juta!

Ruly Kurniawan - detikOto
Honda Dream CYP 305 tahun 1962, motor patwal Bung Karno Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Tidak membutuhkan waktu lama, motor yang sempat dipakai patroli pengawal Presiden Indonesia yang pertama Sukarno sudah diburu orang. Pada hari ke-2 Pasar Jongkok (Parjo) 2018 Honda Dream CYP 305 tahun 1962 itu telah ditawar Rp 145 juta.

Pemiliknya, Ade Irawan, ketua Urban Classic mengungkapkan bahwa animo masyarakat cukup tinggi terhadap motor tersebut. Meski ada beberapa yang harus dirapihkan.

"Kemarin ada salah satu kolektor yang tanya dan berminat. Sudah tawar menawar juga dan nanti orangnya datang buat langsung lihat. Animonya bagus sekali," ujarnya saat ditemui detikOto di Jakarta.

Ade yang juga menjadi tangan pertama dari motor tersebut mengatakan bahwa motor tidak langsung dikirim bilamana laku. Ia berniat untuk membersihkannya dahulu seperti bagian mesin.

"Ini belum pernah saya pakai jalan jauh, hanya jalan dekat aja untuk di tes. Jadi tidak tahu apa penyakitnya. Namun nanti bakal saya rapihkan dulu seperti mesinnya, terutama, supaya saat dibawa pulang sudah bisa dipakai normal," ujar Ade.



"Sewaktu itu, 5 tahun lalu saya beli langsung ke Patwal-nya di sekitaran kawasan Senen. Jadi benar-benar tangan pertama," lanjutnya.

Motor tersebut masih sangat lengkap dan orisinil. Mulai dari surat-suratnya, lampu, cat, hingga pembakarannya. Ade hanya mengganti karburator dan mencopot sirine-nya.

"Semuanya masih orisinil, mesin, bagian-bagiannya, sampai warnanya juga masih tetap sama, hanya saja dulu ada sirinenya, tapi itu sudah saya lepas. Yang kita ganti hanya karburator, karena yang aslinya kan sudah korosi karena sudah lama. Surat-suratnya juga masih ada, hanya STNK aja yang mati," ucapnya.

"Ini motor yang masih 'bangun' ada 4 setahu saya. Kemarin teman saya jual, masih lengkap dan berkerja semua, ada yang nawar Rp 250 juta," tutup Ade. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com