Minggu, 08 Apr 2018 07:05 WIB

Motor Mantan Pengawal Bung Karno Dibanderol Rp 150 Juta, Mau?

Ruly Kurniawan - detikOto
Motor mantan pengawal Sukarno yang dijual Rp 150 juta. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Kendaraan bersejarah memang memiliki nilai tersendiri. Tak cuma mobil Sukarno, kali ini ada motor yang pernah mengawal presiden pertama Indonesia, Ir Sukarno.

Roda dua tersebut ialah Honda Dream CYP 305 milik Ade Irawan, ketua Urban Classic. Motor lansiran tahun 1962 ini merupakan salah satu motor yang pernah digunakan oleh pasukan patroli dan pengawalan (patwal) presiden pertama Indonesia, Ir. Sukarno. Motor ini dijual di Pasar Jongkok Otomotif (PARJO) dengan banderol Rp 150 juta.



"Saya tangan pertama. Saya waktu itu beli 5 tahun kemarin di kawasan Senen dan semua masih ori," ungkap Ade kepada wartawan di TMII, Jakarta, Sabtu (7/4/2018) kemarin.

"Hanya ganti karburator dan copot sirinenya saja," tambahnya.

Ia memaparkan bahwa sejak awal kepemilikannya, motor tersebut masih bisa bekerja layaknya kendaraan roda dua umumnya. Masih bisa jalan dan tidak ada yang berubah sedikit pun dari wujudnya.

"Semuanya masih orisinil, mesin, bagian-bagiannya, sampai warnannya juga masih tetap sama, hanya saja dulu ada sirinenya, tapi itu sudah saya lepas. Yang kita ganti hanya karburator, karena yang aslinya kan sudah korosi karena sudah lama. Surat-suratnya juga masih ada, hanya STNK aja yang mati," ucap Ade.

Yang membuatnya fantastis, motor ini hanya tersedia 4 unit saja. Karenanya cukup pantas bila dihargai Rp 150 juta.



"Kalau yang memang diperuntukkan untuk motor polisi cuma hanya ada satu, kalau yang untuk sipil sih banyak. Biasanya jadi objek motor kustom," papar Ade.

"Karena ada yang dibaguskan dan dirawat, saya lepas Rp 150 juta. Masih bisa nego, ya," tutupnya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com