Jumat, 06 Apr 2018 20:52 WIB

Kalau Beli RX-King Rp 300 Juta, Bagaimana Suku Cadangnya Ya?

M Luthfi Andika - detikOto
RX-King yang dijual Rp 300 juta (Foto: Facebook/Chris Novalia) RX-King yang dijual Rp 300 juta (Foto: Facebook/Chris Novalia)
Jakarta - Yamaha RX-King berhasil membuat dunia maya geger. Bayangkan saja, meski Yamaha RX-King ini sudah berumur ada yang mau lepas dengan harga Rp 300 juta.

Bagaimana soal suku cadang motor yang sudah tidak diproduksi lagi seperti ini ya?

General Manager Aftersales dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, M Abidin menjelaskan kepada detikOto, produsen biasanya dalam jangka waktu 10 tahun memastikan ketersediaan suku cadang.



Sejak diumumkan setop produksi, para pengguna motor biasanya menyimpan dulu suku cadang yang kira-kira bakal dibutuhkan nanti, atau istilah yang disebut Abidin, menabung suku cadang yang sudah tidak diproduksi lagi.

"Kayanya beberapa tahun sebelum berhenti produksi, teman-teman kolektor sudah menabung part. Bahkan tulisan Yamaha saja dia koleksi, speedometer, dan lain-lainnya. Saat ini banyak yang menjual di dunia maya," ujar Abidin.



Sementara suku cadang yang dibutuhkan sehari-hari atau fast moving biasanya masih diproduksi. Apalagi suku cadang itu masih dipakai oleh motor lain.

"Beberapa komponen masih ada, seperti kampas rem, beberapa part yang dibutuhkan sehari-hari, kampas kopling, ban, rim. Apalagi yang part subsitusi. Kalau karburator kit-nya masih banyak seperti main jet dan pilot jet, karena kalau karburator yang sering rusak part itu," tambahnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed