Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 06 April 2018, 14:20 WIB

RX-King Rp 300 Juta, Yamaha: Harga Itu Relatif

M Luthfi Andika - detikOto
RX-King Rp 300 Juta, Yamaha: Harga Itu Relatif RX-King yang dijual Rp 300 juta (Foto: Facebook/Chris Novalia)
Jakarta - Pemilik Yamaha RX-King Chris Novalia berani melepas motor koleksinya asal ada yang menebus sebesar Rp 300 juta. Harga yang mungkin dianggap tidak masuk akal.

Namun menurut General Manager Aftersales dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, M Abidin, harga sebuah motor itu relatif, apalagi motornya adalah sebuah motor koleksi yang tidak dijual lagi.

"Kalau mengenai kolektor, yang namanya motor ini sudah tidak ada yang jual. Mengenai harga relatif, bahkan menurut saya ada yang lebih mahal yang versi RX-King Gold. Ini tidak ada yang mau jual, karena motor ini dilahirkan merayakan hari jadi RX-King ke-20 tahun. Motor ini diperkenalkan beberapa tahun sebelum berhenti produksi, saya rasa ini lebih mahal karena tidak mau dijual," katanya.



Pemilik motor, Chris Novalia pun menyadari kalau postingannya itu bakal menimbulkan kontroversi.

"Banyak komentar, bilangnya mendingan beli mobil sekalian atau moge. Sekarang pertanyaannya, punya duit, tinggal datang ke diler mobil kayak gitu masih banyak. Sekarang punya duit dengan jumlah seharga mobil, misalnya, keliling dunia pun, cari motor yang kayak punya saya belum tentu ketemu. Seandainya ketemu belum tentu orang itu mau jual," kata Chris.

Chris juga mengaku, RX-King miliknya ini istimewa karena belum pernah dipakai sama sekali sejak dirakit pada 1997. Motor dalam keadaan segar dan semua komponennya masih original. RX-King ini bukan motor restorasi, melainkan benar-benar masih asli dari pabrik. Kata kunci 'new old stock' itulah yang membuat Chris berani membanderol RX-King seharga Rp 300 juta.

"Udah banyak yang nawar. Ada yang penawaran sampai Rp 175 juta. Tapi nggak saya kasih," kata Chris yang kukuh untuk menjual motor RX-King seharga Rp 300 juta. Kalau tidak ada yang mau beli, Chris akan tetap menyimpan motor itu sebagai koleksinya.

Chris bertemu motor RX-King yang masih segar ini sejak 2014. Dia dapat motor ini di sebuah toko tua di Bogor, Jawa Barat.



"Itu motor rakitan 1997, nemu di toko tua terpendam rapi sampai dengan 2014, dari 2014 saya temuin dan saya beli langsung saya simpan di rumah. Sampai sekarang nggak pernah dipakai," kata Chris.

Kenapa nggak pernah dipakai? "Sayang, karena memang cuma buat koleksi aja," kata pria yang sudah bertahun-tahun menggemari RX-King itu.

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed