Kamis, 05 Apr 2018 17:40 WIB

'Motor Maling' RX-King Dibanderol Rp 300 Juta, Apa Istimewanya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi RX-King dijual Rp 300 juta (Foto: Diolah dari Facebook Chris Novalia) Ilustrasi RX-King dijual Rp 300 juta (Foto: Diolah dari Facebook Chris Novalia)
Jakarta - Chris Novalia membuat heboh jagat maya. Dia mengunggah foto Yamaha RX-King jadul keluaran 1997 yang dia banderol dengan harga fantastis.

RX-Kingyang sempat dijuluki motor maling itu dijual dengan harga Rp 300 juta. Apa keistimewaan motor itu sehingga dibanderol lebih mahal dari mobil LMPV?



"Kalau orang yang nggak ngerti, pasti mereka bakal mencemooh, menertawakan, membanding-bandingkan. Tapi kalau saya cuma bisa ketawa aja komentar seperti itu, banyak yang ngeremehin," kata Chris kepada detikOto.

Keistimewaan dari RX-King seharga Rp 300 juta ini, kata Chris, karena motor ini belum pernah dia pakai sama sekali sejak dirakit pertama kali pada 1997. Motor hanya disimpan dan tak pernah dipakai sampai sekarang. Originalitas motor ini masih dipertahankan dan belum diganti. Bahkan, kode-kode di beberapa komponen seperti mesin, shock breaker, velg, pun masih utuh dan memperlihatkan tahun produksinya, 1997.

"Kan banyak tuh komentar mendingan beli motor bekas terus diperbarui. Kalau ini kan memang benar-benar motor bru, bukan motor bekas. Dan ini pun surat-suratnya belum turun. Kan emang motor baru. Ini motor benar-benar gres, belum ada surat-suratnya, pelat nomor belum ada. Itulah keistimewaannya. Itulah yang buat motor itu mahal," sebut Chris.



Chris menawarkan RX-King seharga Rp 300 juta ini untuk para kolektor penggila motor RX-King. Kalau tidak ada yang mau beli dengan harga Rp 300 juta, Chris pun tak masalah, motor akan disimpan kembali untuk koleksi.

"Karena sejatinya saya buka harga Rp 300 juta itu, bagi orang yang punya uang, untuk mencari kendaraan seperti yang saya punya, itu mau nyari sampai keliling dunia, sampai ke Jepang pun belum tentu ketemu," katanya.

"Dan lagi mau harga seberapa pun, saya buka harga Rp 10 juta pun kalau untuk orang yang nggak ngerti pasti dia teriak mahal. Tapi kalau saya buka harga semahal apa pun bagi yang mengerti dia bakal bilang ini the best. Karena dia punya duit segitu dia cari pun belum tentu dapat barang itu," ungkapnya.



Inilah, sambung Chris, yang disebut hobi pencinta RX-King mahal. Apalagi memiliki motor yang tetap menjaga originalitasnya, itu pasti mahal.

"Karena nggak mudah menjaga seperti itu," sebutnya.

Chris bertemu motor RX-King yang masih segar ini sejak 2014. Dia dapat motor ini di sebuah toko tua di Bogor, Jawa Barat.

"Itu motor rakitan 1997, nemu di toko tua terpendam rapi sampai dengan 2014, dari 2014 saya temuin dan saya beli langsung saya simpan di rumah. Sampai sekarang nggak pernah dipakai," kata Chris.

Kenapa nggak pernah dipakai? "Sayang, karena memang cuma buat koleksi aja," kata pria yang sudah bertahun-tahun menggemari RX-King itu.

RX-King merupakan motor yang diproduksi Yamaha sejak 1980-2009, dalam kurun waktu itu total ada 1 juta RX-King yang terjual. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed