Rabu, 21 Mar 2018 17:16 WIB

Waduh, Motor Dovizioso Versi Jalanan Malah Terbakar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Drive Mag Riders Foto: Drive Mag Riders
Vancouver - Motor yang memiliki kemiripan dengan motor MotoGP Ducati, Ducati Panigale V4 akhir tahun lalu sudah diluncurkan Ducati secara global. Motor Dovizioso dan Lorenzo versi jalan raya itu sudah diproduksi massal dan dinikmati konsumennya.

Namun, peristiwa nahas baru saja terjadi. Ducati Panigale V4 terbakar di jalanan Vancouver Kanada, menurut laporan Drive Mag Riders.



Dari foto yang beredar di forum Ducati, motor Ducati Panigale V4 yang mengusung teknologi motor balap MotoGP Ducati tampak terbakar. Pemadam kebakaran langsung merapat ke lokasi kejadian.

"(Motor terbakar) saat bermotor normal dan (saya) mencium bau terbakar. Di lampu merah, melihat ke bawah dan ada api, (saya) menepi," kata pemilik Ducati Panigale V4 itu.

Belum ada konfirmasi mengenai masalah tersebut. Kemungkinan terjadi arus pendek kelistrikan atau bagian yang terlalu dekat dengan sistem pembuangan (exhaust). Tapi itu hanyalah spekulasi, belum ada keterangan lebih lanjut.

Untungnya, pengendara motor Dovizioso versi jalan raya itu berjalan ke pinggir di lampu merah dan berhasil menyelamatkan diri tanpa cedera.



Atas kejadian ini, Ducati Amerika Utara segera mengambil tindakan. Motor yang hangus itu diambil oleh Ducati untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Ducati Amerika Utara menghubungi saya sekali untuk memastikan saya baik-baik saja dan memberi tahu saya bahwa ada motor pengganti sedang dalam perjalanan," kata pemilik motor itu.

Bicara soal Ducati Panigale V4, motor itu baru diluncurkan di pameran otomotif roda dua EICMA di Milan, November 2017. Motor Panigale V4 menggantikan pendahulunya yakni Panigale 1299 yang menjadi ikon teratas jajaran supersport Ducati. Performa Panigale V4 ditingkatkan sehingga pengendara dari semua level keterampilan dapat menikmati kesenangan dan kegembiraan yang tak terbatas.

Pengembangan Panigale V4 dilakukan atas kerja sama yang erat dengan Ducati Corse. Elemen dan teknologi di Panigale V4 menerapkan konsep motor balap dengan mesin, kerangka dan rider yang terintegrasi total.

Pengembangan Panigale V4 melibatkan teknisi dan pengendara Ducati Corse, menjadikan Panigale V4 sebagai motor sport yang mendekati prototipe motor MotoGP. Mengendarai Panigale V4 pengendara seperti merasakan pengalaman MotoGP yang sebenarnya.

Ducati menawarkan 3 varian yang bisa dipilih konsumen, yakni: Panigale V4, Panigale V4 S, dan Panigale V4 Speciale. Panigale V4 menjadi inti dari motor sport baru Ducati. Sementara Panigale V4 S memasang suspensi Öhlins yang menampilkan sistem Smart EC 2.0. Motor ini juga dilengkapi dengan penyesuaian di bagian depan, seperti roda aluminium dan baterai lithium-ion.

Adapun Special Panigale V4 Speciale, kendaraan edisi terbatas dengan warna khusus, knalpot titanium, dan mesin dari komponen padat.

Ducati juga membekali paket elektronik seperti kontrol drift saat pengereman, ABS cornering, dan lean-angle-sensitive quickshifter. Semua kontrol ini tergabung dalam tiga mode riding baru (Race, Sport dan Street) dan dapat disesuaikan melalui panel layar TFT. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed