Sabtu, 10 Mar 2018 10:30 WIB

Februari 2018, Honda Tak Kirim Spacy, Sudah Disuntik Mati?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tes Ride Honda Spacy (Foto: Astra Honda Motor) Tes Ride Honda Spacy (Foto: Astra Honda Motor)
Jakarta - Kabar keberlangsungan hidup skuter matik (skutik) Honda Spacy belum jelas. Penjualannya kini merosot. Penurunan angka penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) Honda Spacy terasa sangat anjlok di tahun 2018 ini.

Bahkan, data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tidak mencatat penjualan Spacy pada Februari 2018. Terakhir--menurut catatan data AISI--Honda mendistribusi Spacy pada Januari 2018. Itu pun hanya sebanyak 28 unit. Setelahnya, di bulan Februari tak ada angka penjualan Spacy di data AISI.



Penjualan Spacy memang tak terlalu baik dibandingkan skutik Honda lainnya, seperti BeAT, Vario, atau Scoopy. Penjualannya hanya terhitung ratusan unit per bulan pada 2017.

Di tahun 2017, Honda Spacy masih rutin dikirim, meski angkanya kecil. Motor itu pada 2017 terkirim sebanyak 5.067 unit dari Januari-Desember. Distribusi per bulannya sekitar 300-400-an unit.



Saat dikonfirmasi apakah Spacy sudah disuntik mati karena tak ada angka distribusi di AISI Februari 2018, Deputy Head of Corporate Communications PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbudin, belum bisa memberikan jawaban pasti. Dia mengaku belum mengeceknya.

"Belum Lihat. Ntar saya lihat ya," kata Muhib kepada detikOto, Jumat (9/3/2018).



Sementara jika dilihat di website Honda, Spacy masih dipajang di sana. Motor itu ditawarkan dalam bentuk Spacy CW dengan harga Rp 14.475.000 on the road Jakarta-Tangerang. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed