Jumat, 09 Mar 2018 07:24 WIB

Tak Cuma Kepala, Menurut Studi Helm Pemotor Juga Melindungi Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Helm (Foto: Dadan Kuswaraharja) Helm (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Helm menjadi perangkat paling penting dalam berkendara menggunakan sepeda motor. Di negara mana pun, pengendara sepeda motor diwajibkan menggunakan helm. Karena perangkat itu bertugas melindungi kepala dari benturan ketika terjadi kecelakaan.

Namun, ada sebuah anggapan bahwa helm hanya melindungi kepala saat kecelakaan. Sementara efeknya dikatakan menimbulkan risiko cedera pada tulang servikal (tulang leher) sehingga pemotor bisa lumpuh.



Menurut argumen sekelompok anti-helm itu, helm memindahkan kekuatan saat tabrakan ke leher. Sehingga efeknya ke tulang leher.

Meski begitu, anggapan itu dipatahkan oleh sebuah studi. Menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Neurosurgery seperti dikutip dari Canada Motoguide, helm tak hanya bisa melindungi kepala.

Menurut studi itu, menggunakan helm sepeda motor tidak meningkatkan risiko cedera leher. Sebaliknya, helm malah mengurangi risiko cedera leher.



Dalam penelitian tersebut, penulis jurnal, Paul S. Page, Zhikui Wei, dan Nathaniel P. Brooks memeriksa catatan 1.061 korban kecelakaan sepeda motor yang ada di pusat trauma Level 1 di University of Wisconsin Hospital Trauma Center. Dari sekian banyak pemotor yang mengalami kecelakaan, 738 di antaranya tidak mengenakan helm dan 323 lainnya menggunakan helm.

Dari pengendara yang mengalami kecelakaan, 114 pemotor yang tidak mengenakan helm menderita cedera tulang leher (15,4 persen). Sementara hanya 24 pengendara dengan helm yang menderita cedera tulang leher (7,4 persen).

Studi tu juga menemukan bahwa 10,8 persen pengendara tanpa helm mengalami patah tulang leher. Sementara hanya 4,6 persen pengendara dengan helm yang mengalami patah tulang leher.

Pemotor tanpa helm juga ditemukan lebih cenderung mengalami cedera ligamen (3,9 persen). Sementara hanya 0,9 persen pemotor dengan helm yang mengalami cedera ligamen. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed