Selasa, 27 Feb 2018 17:45 WIB

Ini Cikal Bakal Honda Rakit Motor di Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Honda S 90 Z, motor Honda pertama yang dirakit di Indonesia. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Motor Honda rakitan Indonesia pertama di Indonesia adalah Honda S 90 Z kelahiran 1971. Pasti banyak dari Otolovers yang ingin mengetahui, apa ya alasan Honda mulai merakit kendaraan mereka pertama kali pada 1971?

Bagaimana tidak, lahirnya Honda S 90 Z di Indonesia menjadi cikal bakal Honda untuk menjadi penguasa alias raja sepeda motor di Indonesia hingga saat ini.



PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Pemegang Merek motor Honda di Indonesia pun menjelaskan apa yang mendasari Honda untuk bisa merakit motor di Indonesia pada 1971.

"Pada bulan Juli 1970, Honda S 90 Z dipasarkan di Indonesia secara CBU (impor utuh) oleh Honda Sales Operation. Melihat penerimaan masyarakat yang positif terhadap model ini di Indonesia, pada tahun 1971, PT Federal Motor (perusahaan sebelum bernama Astra Honda Motor) berinisiatif untuk memproduksi motor Honda dan HSO menjadi bagian untuk pemasarannya di bawah naungan PT Federal Motor," kata Deputy Head of Corporate Communications PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbudin.



Muhib menambahkan, respons positif dari masyarakat juga yang menjadi alasan kuat mengapa Honda S 90 Z yang dipilih untuk dirakit pertama kali di Indonesia.

"Kenapa Honda S 90 Z yang dipilih untuk dirakit di Indonesia pertama kali? Hal tersebut didasari oleh adanya penerimaan masyarakat yang baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di mana Honda S90Z didatangkan secara CBU," ujarnya.

(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com