Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 17 Januari 2018, 11:30 WIB

Honda Akan Sediakan Vending Machine untuk Baterai Motor Listrik

Ruly Kurniawan - detikOto
Honda Akan Sediakan Vending Machine untuk Baterai Motor Listrik Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Demi memasuki era sepeda motor listrik memang masih ada hal yang harus disempurnakan misalkan jangka waktu melakukan pengisian daya baterainya. Untuk memudahkan para pengguna motor listrik Honda, nantinya pabrikan otomotif Jepang tersebut mengeluarkan fasilitas untuk menukar baterai motor yang sudah habis. Jadi, tidak perlu lagi untuk menunggu lama dalam mengisi dayanya (charging).

Dinamakan Exchanger Mobile Power Pack, nantinya para pengguna motor listrik dapat menukar baterai yang sudah habis menjadi yang penuh dan langsung bisa digunakan. Meskipun masih dalam tahap konsep, fasilitas ini akan dimunculkan dan dipamerkan oleh Honda dalam beberapa waktu kedepan.

Vending Machine baterai motor listrikVending Machine baterai motor listrik Foto: Pool (Honda)


Diberitakan visordown, layanan ini akan seperti vending machine. Jadi, hanya dengan menggesek kartu kredit atau alat cashles/e-money lainnya baterai yang sudah terisi penuh langsung hadir. Fasilitas ini akan disediakan dibeberapa sudut jalan di dunia. Jadi, menunggu motor listrik diisi ulang akan menjadi sesuatu yang tidak kekinian.

Selain itu, Honda juga telah memperkenalkan 'Mobile power packs' di ajang Consumer Electronics Show, Las Vegas beberapa waktu lalu. Maksutnya, baterai yang berada di kendaraan roda dua listrik miliknya, PCX misalkan, sudah menggunakan baterai yang sama dengan beberapa kendaraan atau alat bantuan robotik miliknya.

Misalkan 3E-B18 dan 3E-D18. Jadi, ketika ingin menggunakan bantuan robotik itu dan baterainya habis para penggunanya tinggal mencopot baterai di PCX listrik dan memasangkannya kembali ke bantuan robotik yang dimaksut. Ataupun sebaliknya. Sehingga dapat menghemat dan memudahkan para penggunanya prihal waktu khususnya.

Disebutkan, semua baterai yang digunakan oleh Honda menggunakan baterai 'AA', ya, walaupun tingkat dayanya berbeda-beda.

Tak sampai disana, Honda juga berencana menghadirkan pengisian baterai versi portable. Fitur itu dinamakan 'Mobile Power Pack Charge and Supply Portable Concept'. Meskipun tidak seperti powerbank yang cukup familiar untuk mengisi daya handphone, alat tersebut terbilang tidak terlalu besar sehingga dapat dibawa kemana-mana.

Kapan Honda akan benar-benar memproduksi ketiga fitur tersebut? Kita tunggu saja ya, Otolovers. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed