Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 09 Januari 2018, 10:44 WIB

Helm Seperti Apa yang Bisa Dimodifikasi Jadi Lebih Keren?

rgr - detikOto
Helm Seperti Apa yang Bisa Dimodifikasi Jadi Lebih Keren? Apa saja sih helm yang bisa dimodifikasi? Foto: Dok. Fhabian Motoshop
Jakarta - Di Indonesia ternyata banyak juga pencinta helm. Helm tak sekadar menjadi alat keselematan utama pemotor, tapi juga 'obat ganteng' buat pemotor sendiri.

Untuk membuat helm makin ganteng maksimal, saat ini banyak yang memodifikasi helm, terutama helm full face ala pebalap MotoGP. Mereka pencinta helm biasanya memodifikasi helm dengan menambah spoiler sertai mengganti kaca atau visor cembung menjadi visor rata atau flat visor.

Apa saja sih helm yang bisa dimodifikasi? Budi, penggawa Fhabian Motoshop yang bermarkas di Cibinong, Kab. Bogor, Jawa Barat, mengatakan semua helm fullface sebenarnya bisa dimodifikasi ala pebalap MotoGP. Tinggal menambah spoiler, ganti flat visor, tambah tear off dan tear off post, dan Pinlock atau lensa antiembun.

"Cuma kalau kita ikutin zamannya, sekarang kan zamannya modifikasi helm flat visor, nah tinggal tentukan helm apa nih yang bisa dibikin flat visor yang nggak terlalu maksain banget," kata Budi kepada detikOto saat ditemui di tokonya di Cibinong, belum lama ini.

Intinya, kata Budi, jangan terlalu memaksakan modifikasi flat visor helm. Kalau terlalu dipaksakan, fungsi visor itu sendiri tidak maksimal untuk jangka panjang.

"Kayak KYT R10 dulu sebelum ada flat visornya, itu buat saya nggak rekomen. Pakai flat visor KYT C5 pun terlalu maksain. Fungsinya nggak bakalan 100 persen bagus. Helm kan bukan buat pajangan doang, intinya buat safety," ucapnya.

Begitu juga soal pemilihan flat visor itu sendiri. Menurut Budi, jangan asal pilih flat visor.

"Modif visor itu kadang ada yang terlalu maksain, pakai partnya dari mana tanda tanya. Tetap sih usahain kacanya yang ori, bahan visornya itu polycarbonate. Intinya bahannya yang ori, jangan coba-coba pakai yang asal-asalan," ucap Budi. (dry/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed