Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 08 Januari 2018, 13:45 WIB

Trik Biar Helm Jadi Ganteng Maksimal

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Trik Biar Helm Jadi Ganteng Maksimal Foto: Dok. Fhabian Motoshop
Jakarta - Helm untuk pemotor adalah perangkat penting yang harus selalu dikenakan saat berkendara. Tapi, helm saat ini tak cuma menjadi alat pelindung kepala, lebih dari itu, helm juga menjadi 'obat ganteng'.

Saat ini banyak helm yang sudah dibuat ganteng dari pabrikan langsung. Sebut saja helm-helm mahal seperti helm yang digunakan Valentino Rossi di ajang MotoGP, yaitu AGV Pista, atau helm yang dipakai Marc Marquez, Shoei.

Tapi, ternyata bisa juga loh bikin helm buatan lokal menjadi lebih ganteng ala-ala pebalap MotoGP. Jasa modifikasi helm saat ini sudah bertebaran di Indonesia. Salah satunya adalah Fhabian Motoshop yang ada di Cibinong, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Budi, penggawa Fhabian Motoshop, mengatakan modifikasi helm saat ini sedang ngetren. Helm fullface banyak yang dibuat ala-ala pebalap MotoGP.

Misalnya dengan menambahkan perangkat spoiler di bagian belakang helm. Dengan tambahan spoiler, helm jadi terlihat lebih keren.

"Sama visor. Visor biasanya banyak yang ganti jadi flat visor, biar bisa ditempelin tear off," kata Budi kepada detikOto saat ditemui di markasnya di Cibinong, Kab. Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.

Beberapa pabrikan helm memang sudah ada yang menyematkan helm fullface dengan flat visor. Flat visor biasa digunakan di balapan agar bisa ditempeli tear off, karena helm cembung biasa tak maksimal jika pakai tear off. Untuk diketahui, tear off adalah sebuah lapisan khusus pada visor atau kaca helm untuk melindungi visor tersebut. Biasanya dipakai di balapan sehingga kaca helm tidak tergores akibat benturan dengan objek-objek kecil. Jadi, visibilitas pebalap saat balapan tetap bersih.

"Kalau pakai flat visor 'racunnya' (modifikasi yang bikin tambah keren) banyak. Ada tear off, tear off ada warna silver, blue, smoke, terus ada juga tear off post (untuk mengaitkan tear off di visor). Tear off tadinya kan pelindung kaca, sekarang jadi tren," kata Budi.

Modifikasi helm yang juga bikin tambah keren dan lagi ngetren saat ini adalah penambahan stiker-stiker pada visor helm. Biasanya, di bagian atas-bawah atau samping visor helm ditempeli stiker, biar lebih keren seperti helm pebalap MotoGP.

"Itu tergantung orangnya sih. Kadang ada orang yang sukanya simpel (tanpa stiker), ada juga orang yang pengen ditempel stiker-stiker ala pebalap MotoGP," ujar Budi.

"Itu obat-obat gantengnya. Musimnya kan sekarang helm itu jadi ajang hobi sama gengsi. Jadi look fashionnya buat gaya lebih dapat aja. Kiblatnya tetap ke MotoGP," ucapnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed