Minggu, 07 Jan 2018 07:10 WIB

Helm Cetok Masih Bertebaran di India

Ruly Kurniawan - detikOto
Helm cetok di India. Foto: Istimewa Helm cetok di India. Foto: Istimewa
Mysuru - Meskipun memiliki sepeda motor, kesadaran memiliki helm sebagai perlengkapan pengaman berkendara maupun menggunakannya terbilang masih minim. Bukan hanya di Indonesia, hal tersebut pun terjadi di India.

Hal itu dapat dilihat dari ratusan helm 'cetok' atau open-face helmet yang membanjiri kantor polisi kota Mysuru, India.



Diberitakan drivespark melansir dari Star of Mysore, polisi setempat selalu mengingatkan akan pentingnya berkendara roda dua dengan helm yang telah sesuai dengan standar India atau Indian Standard Institute (ISI). Namun tampaknya hal tersebut masih enggan untuk dilakukan oleh warganya entah dengan alasan apa.

Oleh karenanya, kepolisian Mysuru memulai razia untuk menilang para pengendara yang tidak memakai helm sesuai ISI atau mereka yang masih nekat menggunakan helm cetok.. Selain di ambil dengan paksa, para pengendara yang tertangkap juga dikenakan denda.



Ketika tertangkap, pengendara di sana disarankan untuk membeli helm yang sesuai dengan ISI karena telah terjamin akan kualitasnya. Polisi juga memberikan rekomendasi tempat membeli helm yang dimaksud. Ya, karena memang helm merupakan hal yang wajib digunakan untuk para pengendara roda dua dan pastinya harus yang sudah terjamin. Sudah banyak contoh akibat tak menggunakan pengaman tersebut ketika bermotor. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed