Jumat, 29 Des 2017 10:59 WIB

Mercedes Lepas Saham MV Agusta

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Motor konsep MV Agusta F3 Berlogo AMG. Foto: Pool (visordown) Motor konsep MV Agusta F3 Berlogo AMG. Foto: Pool (visordown)
Varese - Produsen mobil asal Jerman, Mercedes-AMG sebelumnya telah menguasai 25 persen saham di pabrik merek motor sport asal Italia, MV Agusta. Namun perusahaan induk MV Agusta telah mengakuisisinya kembali.

Dilansir Carscoops, Jumat (29/12/2017), dengan membeli saham 25 persen tersebut, perusahaan induk yang dimiliki Giovanni Castiglioni dan keluarga Sardarov itu, saat ini MV Agusta telah dimilikinya 100 persen.

Gonta-ganti kepemilikan MV Agusta bukan baru Mercedes saja. Terhitung sekitar satu setengah dekade, MV Agusta diakuisisi oleh beberapa perusahaan otomotif.

Pada 2004 dibeli oleh produsen asal Malaysia, Proton, lalu kepemilikan diteruskan ke perusahaan pembiayaan Swiss. Setelah itu sub brand MV Agusta yakni Husqvarna, dijual ke BMW dan selama 12 bulan, Harley-Davidson mengakuisisi saham pengendali di perusahaan tersebut.

Baru pada 2014, Mercedes-AMG membeli 25 persen saham MV Agusta, yang diduga untuk menyaingi Audi yang membeli Ducati. Mercedes-AMG sendiri mengumumkan niatnya untuk menjual saham MV Agusta pada Juli. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed