Sabtu, 18 Nov 2017 18:12 WIB

Honda Kembali Tegaskan Tidak ada Kartel Antara Yamaha-Honda

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi KPPU Foto: M Luthfi Andika Ilustrasi KPPU Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Kasus dugaan kartel atau yang bisa diartikan secara sederhana adanya persetujuan antara PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dalam mengendalikan harga jual sepeda motor. Masih terus berlanjut, Honda pun pastikan kembali tuduhan kartel ini tidak benar.

Hal ini langsung disampaikan Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, beberapa waktu lalu. Thomas kembali menegaskan tidak ada kerjasama anatara Yamaha dan Honda dalam mengatur harga jual.

"Pertama, yang pasti kita tidak pernah ada kesepakatan-kesepakatan itu (dugaan kartel-Red," tegas Thomas.

Honda pun mengatakan kasus kartel yang melibatkan Yamaha-Honda ini masih terus berlangsung.

"Kedua, kami akan lakukan banding ke pihak yang berwenang. Ketiga, ini kalau hasilnya merugikan atau bisa merugikan industri baik dari biaya dan kepastian industrinya seperti apa? Bagaimana? Karena sebenarnya kita ingin memberikan yang terbaik untuk konsumen, baik dari produk atau harga. Tqpi kalau harga dianggap kartel ya repot," kata Thomas.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Johannes Loman mengatakan tuduhan tersebut tidak tepat. Ia menilai kedua pabrikan justru sama-sama berkompetisi.

"Saya juga nggak ngerti siapa yang bilang monopoli karena kita berkompetisi sama-sama kuat. Kalau dilihat market sharenya bergerak semua kan nggak ada yang diam gitu lho jadi mohon jangan berpikir seperti itu," kata Loman di Jakarta waktu itu.

Berkat vonis tersebut AHM dan YIMM didenda masing-masing Rp 22,5 miliar dan Rp 25 miliar. Namun keduanya tak begitu saja menerimanya karena dalam waktu dekat bakalan mengajukan banding. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Jumat, 20 Jul 2018 18:23 WIB
    Meski mendominasi di Tanah Air, namun masih ada yang meragukan kualitas mobil Jepang. Bahkan disebut-sebut masih lebih baik mobil Korea daripada mobil Jepang.
  • Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Jumat, 20 Jul 2018 18:01 WIB
    Siapa bilang modifikasi hanya demi kepuasan diri, ini tidak berlaku untuk Prandananta S atau Bagong rider, yang permak abis Yamaha Scorpio 2014 miliknya.
  • Karimun Kotak Disulap ala Jepang

    Karimun Kotak Disulap ala Jepang

    Jumat, 20 Jul 2018 16:13 WIB
    Konsep modifikasi memang banyak pilihannya, mulai dari yang sederhana hingga ekstrem. Kalau yang ini, konsep modifikasi Japan Domestic Market (JDM).