Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 07 November 2017, 14:55 WIB

Larangan Motor Dicabut, Transportasi Umum Harus Tetap Memadai

Dina Rayanti - detikOto
Larangan Motor Dicabut, Transportasi Umum Harus Tetap Memadai Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Larangan sepeda motor melintas di kawasan Sudirman-Thamrin sedang dalam pengkajian untuk dicabut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Rencana pencabutan tersebut disambut baik para pengendara sepeda motor terutama yang sehari-harinya melintas di ibukota dengan mengendarai sepeda motor. Meski menyambut baik, para pengendara juga berharap transportasi umum tetap ditingkatkan.

"Namun tetap harus dipertimbangkan jika memang nantinya lebih banyak pengendara motor yang melintas dan menyebabkan kemacetan ibukota. Maksudnya tetap harus meningkatkan fasilitas transportasi umum di ibukota," jelas Ketua Umum CBR Indonesia, Dewan Rizkiawan kepada detikOto, Selasa (7/11/2017).

Rencana pencabutan larangan sepeda motor itu lanjut Dewan juga bisa membantu para pengendara untuk mempromosikan wisata di Jakarta.

"Kami sebagai pengendara juga bisa menikmati suasana Jakarta sekaligus ikut memperkenalkan dan mempromosikan nuansa Jakarta yang mungkin 2-3 tahun lagi sudah banyak bangunan-bangunan infrastruktur yang bagus dan tidak kalah dengan negara tetangga," sambung Dewan.

Larangan sepeda motor untuk memasuki ruas Jalan Sudirman-Thamrin diatur dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 141 Tahun 2015 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor serta Pergub Nomor 25 Tahun 2017 tentang pengendalian lalu lintas melalui kebijakan electronic road pricing (ERP). Untuk itu, Anies juga berencana merevisi pergub tersebut.

"Ternyata disampaikan ternyata ada pergub. Pergubnya menjadi dasar. Maka nanti pergubnya juga akan diubah," ujar Anies.

Anies menargetkan revisi rancangan pembangunan trotoar kawasan Sudirman-Thamrin ini dapat selesai secepatnya. Sebab, pada Desember 2017, pembangunan tersebut sudah harus dieksekusi.

"Akan cepat ini. Karena rencananya akhir November harus sudah masuk proses tender dan Desember harus eksekusi. Minggu ini mereka menggarap. Sebetulnya mereka sudah memiliki gambaran solusinya kalau roda dua," ujar Anies. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed