Rabu, 01 Nov 2017 09:37 WIB

Motor Roda Tiga Seksi Yamaha Niken

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Tokyo - Produsen roda dua asal Jepang, Yamaha rupanya ingin mengembangkan sayap untuk segmentasinya. Bukan mengeluarkan motor Sport atau bergaya Road Race, tetapi motor beroda tiga yang diberi nama Niken. Motor tersebut memulai debut pertamanya di Tokyo Motor Show 2017.

Dengan badan yang cukup besar, Niken memiliki kapasitas mesin sesuai dengan platform MT-09 yakni tiga silinder. Artinya, kekuatan dari si roda tiga dari Yamaha tersebut menggendong mesin berkapasitas 847cc dan berpendingin cair.

Yamaha Niken adalah produksi pertama bersandar roda tiga. Presiden Yamaha Hiroyuki Yanagi meluncurkan roda tiga di Tokyo. Pihak Yamaha menyebutnya sebagai Leaning Multi-Wheeler (LMW).

Niken memanfaatkan sepenuhnya mekanisme suspense front-end yang belum pernah ada sebelumnya. Ujung depan Niken memiliki dua roda 15 inci dengan garpu terbalik dual-tube di setiap roda. Kedua roda beroperasi secara independen dan bersandar saat berbelok di tikungan. Penyiapan headlamp kembar dan bagian depan berbentuk paruh dengan kaca depan meningkatkan penampilan roda tiga.

Secara visual, Yamaha Niken memiliki sisi yang cukup unik dan eksentrik namun tetap memancarkan kegagahan dan sifat agresif yang tajam. Peforma sportif pada mesin dan nuansanya yang sangat menonjol, sarat akan kualitas tinggi.


Spesifikasi Lengkap Yamaha Niken:

Panjang x Lebar x Tinggi = 2,150 mm x 885 mm x 1.250 mm
Tipe Mesin = Liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valve
Pengaturan Silinder = In-line, 3-silinder.
Sistem Suplai Bahan Bakar = Injeksi

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com