Senin, 30 Okt 2017 13:10 WIB

Punya Motor Listrik? Begini Cara Mencucinya Biar Tak Rusak

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Mohammad Luthfi Andika Foto: Mohammad Luthfi Andika
Jakarta - Motor listrik sepertinya akan banjir peminat pada beberapa waktu kedepan. Apalagi jika nantinya dukungan pemerintah berupa aturan yang jelas soal motor listrik sudah keluar. Tapi, sebelum membeli dan menggunakan motor listrik harus ada yang diperhatikan nih, Otolovers.

Bukan hanya tata cara pengendaraannya saja yang berbeda, cara mencucinya juga patut untuk diperhatikan, lho. Karena, menurut salah seorang yang telah rutin menggunakan motor listrik untuk kesehariannya, apabila pencucian motor listrik tak benar maka bagian kelistrikannya bisa terkena korsleting.

"Mencucinya (motor listrik-Red) harus hati-hati takutnya air ada yang masuk di sistem kelistrikannya dan pada akhirnya akan mengakibatkan korsleting," ujar Raditya yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Viar Electric Community saat berbincang dengan wartawan di Jakarta.

"Tapi jangan khawatir karena motor listrik itu ada sistem preventif nya kok. Dia ada saklar tersendiri di bagian sensitif nya," lanjutnya.


Lantas bagaimana cara mencuci motor listrik yang benar ya? Untuk hal ini, Raditya mengungkapkan bahwa motor jangan dicuci seperti biasa yakni disemprot ke seluruh bodi motor, cukup pada bagian dek dan kaki-kaki saja.

"Jangan disemprot di bagian atas motor (pakai semprotan steam motor), cukup dibagian bawah aja yaitu bagian dek dan kaki-kaki karena disana ada anti banjirnya sehingga aman terkena air. Bagian atasnya cukup di lap basah seperti dashboard keatas," katanya.


Meskipun termasuk rawan bila terkena air yang sangat deras karena dapat mengakibatkan korsleting, Raditya mengatakan bahwa motor listrik masih aman terkena air hujan.

"Terkena air hujan sih aman saja. Tapi kalau sudah deras airnya seperti semprotan yang di steam kendaraan, itu yang cukup bahaya. Karena air bisa aja masuk ke sistem kelistrikannya. Jadi untuk mencegah hal itu, cukup di lap saja bagian atasnya pakai lap basah," tutup Raditya.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com