Senin, 23 Okt 2017 14:32 WIB

Produsen Senapan AK-47 Bikin Motor Listrik

Dina Rayanti - detikOto
Foto: dok. rideapart Foto: dok. rideapart
Moscow - Pembuat senjata laras panjang AK-47 yang biasa digunakan oleh berbagai tentara di seluruh dunia asal Rusia Kalishnikov Group berencana untuk membuat sepeda motor.

Dilansir Ride Apart, Senin (23/10/2017), setelah beberapa dekade memproduksi senjata, kini Kalishnikov Group akan mulai melebarkan sayapnya dengan membuat motor listrik.

Motor listrik tersebut telah dikenalkan dalam sebuah forum militer di Rusia. Renananya motor-motor listrik tersebut bakalan digunakan oleh kepolisian Moscow selama perhelatan Piala Dunia tahun depan.

Motor listrik yang kabarnya disapa Kalectrikov ini dibuat oleh anak perusahaan Kalishnikov, IZH yang sudah memproduksi motor sejak tahun 1928.

Kalectrikov yang akan digunakan oleh polisi Rusia ini diklaim bisa menempuh jarak hingga 160 km dalam sekali pengisian ulang baterai.

Namun hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut soal berapa tenaga yang bisa dihasilkan motor, kapasitas baterai, dan waktu pengecasan baterai.

Tampak terlihat motor hadir dengan versi full-fairing dari model motor militerm dengan garpu konvensional, single front disc brake. Tetapi tak ada tempat untuk menaruh senapan AK.

Produksi motor buatan IZH ini meningkat usai Perang Dunia II berakhir. Kala itu pemerintah Uni Soviet membeli pabrik DKW di Jerman Timur sebagai bagian dari kesepakatan perang sekutu dan memindahkan semua peralatan produksi ke daerah Pegunungan Ural.

Tetapi IZH tak terkait dengan produsen sepeda motor Ural. (dry/khi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed