Kamis, 19 Okt 2017 17:54 WIB

Puluhan Ribu Motor Gesits Dipesan Perusahaan dan Individu

Ruly Kurniawan - detikOto
Motor listrik Gesits (Foto: Agung Pambudhy) Motor listrik Gesits (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Motor listrik gagasan Garansindo Group bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Gesits cukup diminati masyarakat Indonesia. Puluhan ribu motor sudah dipesan kalangan individu dan perusahaan.

CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdulah menuturkan bahwa 9.000 orang Indonesia berminat membelinya. Pemesanan juga datang dari kalangan perusahaan.

"Gesit kan memang belum kita buka untuk umum ya, hanya saja sudah ada beberapa korporasi yang membelinya dan sifatnya itu tanda tangan MoU (memorandum of understanding)," kata Al kepada wartawan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Kamis (19/10/2017).

[Gambas:Video 20detik]


"Namun pernah beberapa waktu lalu, sewaktu ngehits, kita buka (pemesanan) untuk konsumen umum tetapi sifatnya hanya berupa interest. Kalau tidak salah sampai 9 ribuan yang berminat beli. Sampai saat ini sudah sekitar 25 ribu unit untuk korporasi," tambahnya.

Motor listrik yang sudah 90% komponennya racikan bangsa Indonesia tersebut dibekali baterai lithium-ion dengan sistem manajemen baterai yang seluruhnya merupakan produk dalam negeri.

Perkembangannya, motor yang hanya membutuhkan waktu maksimal 3 jam untuk mengisi ulang energi pada baterai tersebut tengah digodok oleh pemerintah dan beberapa pihak terkait. Diproyeksikan Gesits akan dijual secara terbuka pada pertengahan tahun 2018 nanti.

Gesits diciptakan sebagai kendaraan roda dua berpenggerak listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi. Berbentuk skuter, Gesits mengaplikasi motor elektrik berdaya 5 kW dengan torsi mencapai 15Nm pada 3.000 rpm. Dalam kondisi baterai terisi daya penuh, motor ini mampu menempuh jarak 80-100 km dengan kecepatan maksimum mencapai 100 km/jam. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Rabu, 20 Jun 2018 08:19 WIB
    Toyota menduduki peringkat pertama sebagai merek mobil yang paling bernilai. Produsen asal Jepang ini ditaksir memiliki nilai seharga USD 29,9 miliar.
  • Mercy Uji SUV Listrik

    Mercy Uji SUV Listrik

    Rabu, 20 Jun 2018 08:11 WIB
    Mercedes-Benz mulai menjajal performa mobil listrik EQC di jalanan yang cukup ekstrem. Crossover EQC dites di sebuah tempat di Iberia, Spanyol.
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.