Kamis, 19 Okt 2017 11:38 WIB

Usai Coba Motor Listrik Gesits, Jonan: Nanti Saya Akan Beli

Ruly Kurniawan - detikOto
Jonan coba motor listrik Gesits (Foto: Ruly Kurniawan) Jonan coba motor listrik Gesits (Foto: Ruly Kurniawan)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Menteri Energi dan Sumber daya Mineral, Ignasius Jonan kali ini menjajal motor listrik buatan anak bangsa, Gesits. Motor listrik Gesits merupakan buah karya antara mahasiswa ITS dengan PT Gesits Technologies Indo, anak perusahaan Garansindo Group.

Ini merupakan kali pertama Jonan mencoba motor listrik itu. Setelah mencobanya Jonan pun mengatakan berminat membelinya.



"Nanti saya akan beli," kata Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

"Ini masih protoitpe tapi oke juga ya. Desain bagus, dan akselerasinya cepat, karena motor penggerakknya langsung dari listrik," sambung Jonan.



Garansindo hingga saat ini memang belum mengumumkan berapa harga jual resmi motor listrik Gesits. Namun diharap bisa dijual di kisaran Rp 15 juta hingga yang termahalnya Rp 20 juta.

Bukan hanya untuk memenuhi pasar lokal akan motor listrik, Garansindo rencananya siap mengekspor Gesits di tahun 2020.


Gesits diciptakan sebagai kendaraan roda dua berpenggerak listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi. Berbentuk skuter, Gesits mengaplikasi motor elektrik berdaya 5 kW dengan torsi mencapai 15Nm pada 3.000 rpm.

Untuk menggerakkan motor elektriknya Gesits dibekali baterai lithium-ion dengan sistem manajemen baterai yang seluruhnya merupakan produk dalam negeri.



Hanya dibutuhkan waktu maksimal 3 jam untuk mengisi ulang energi pada baterai Gesits. Dalam kondisi baterai terisi daya penuh, motor ini mampu menempuh jarak 80-100 km dengan kecepatan maksimum mencapai 100 km/jam.

(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com