Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 18 Agustus 2017, 18:50 WIB

Indonesia Bukan Tidak Bisa Bikin Motor Secara Lokal, Tapi..

Dina Rayanti - detikOto
Indonesia Bukan Tidak Bisa Bikin Motor Secara Lokal, Tapi.. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Industri otomotif lokal memang tidak setenar jika dibandingkan dengan pabrikan luar negeri. Terlebih jika bicara soal mobil atau motor listrik.

Padahal bukan tidak bisa industri lokal di Indonesia memiliki nama eksis di tanah air sendiri. Bahkan sebenarnya Indonesia mampu untuk memproduksi motor atau mobil buatan lokal yang berkualitas. Namun jika jumlahnya kecil tentu saja akan tetap kalah bersaing dengan merek-merek besar yang sudah ada.

"Industri itu butuh volume kita bisa buat tapi untuk produksi karena produk tidak cukup jadi masalah buat kita itulah kenapa lebih dikuasai merek asing," ungkap Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan di Komplek Industri Wika, Cileungsi, Bogor, Jumat (18/8/2017).

Putu menambahkan tak sekadar volume saja yang dibutuhkan agar industri lokal bisa bertahan, namun juga fasilitas riset dan pengembangan juga dibutuhkan.

Dengan motor listrik Gesits salah satunya bisa menjadi langkah agar industri sepeda motor lokal bisa terus berkembang.

"Dengan Gesits kita mulai yang baru industri butuh RnD (Research and Development) supaya selain punya volume punya kemandirian punya pijakan," lanjut Putu.

"Ke depan sekarang waktunya kita berubah nggak bisa mengandalkan pihak lain," tutur Putu. (dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed