Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 16 Agustus 2017, 18:55 WIB

Motorbaik

Artis Touring Naik Motor Tanpa Pengawalan Polisi

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Artis Touring Naik Motor Tanpa Pengawalan Polisi Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, artis atau selebriti pencinta motor yang tergabung dalam Motorbaik akan melakukan perjalanan dari Yogyakarta sampai Bali. Mereka tidak akan menggunakan jasa Patroli dan Pengawalan (Patwal) selama touring.

Dari perjalanan pertama Motorbaik Jakarta-Yogyakarta pun, para penggawa Motorbaik tidak menggunakan Patwal. Karena menurut salah satu penggagas Motorbaik, Ananda Omesh, memang konsepnya seperti itu.



"Biar sama saja sama pengguna motor lain, tidak ada yang dispesialkan, kami ikut peraturan, nggak menerobos lampu merah, ketika macet tidak menerobos, maksudnya ya nerobos-nerobos motor biasa aja. Sudah aja kita jadi pengguna jalan yang sama dengan yang lain," ujarnya saat menjawab pertanyaan detikOto, di Jakarta.

"Cuma bedanya mungkin di jarak aja, kita mah lebih jauh dan berkelompok," lanjut Omesh.

Namun kata Omesh, tidak menggunakan Patwal bukan berarti mereka kelompok anti patwal. Jika harus menggunakan patwal maka mereka akan menggunakannya.

"Fleksibel yah, dalam artian kita bukan anti patwal, kalau di kota-kota tertentu peraturannya harus pakai patwal, kita pakai patwal. Mungkin riding sama Bupati atau siapa harus gunakan patwal, ya kita akan mengikuti peraturan," pungkasnya.



Motorbaik sendiri merupakan gerakan moral dari para figur publik mengenai ajakan berkendara yang santun di jalan. Tahun lalu, kegiatan ini berjalan sukses. Para Baikers (sebutan pengendara motor yang ikut serta) mampu mengemban tugas mulia berbagi dan mengajarkan semangat positif untuk mengejar mimpi di beberapa SD di kota-kota yang mereka lalui, dari Jakarta ke Yogyakarta.

"Perjalanan touring motor ini bukan sekadar jalan-jalan, tapi gimana kita bisa memberi dan juga belajar banyak hal positif dari tempat-tempat yang kita lewatin," ujar Omesh.

Kali ini, simPATI Motorbaik Adventure 2017 akan mengambil rute Yogyakarta - Bali, mulai 21 - 26 Agustus. Sedikit berbeda dari tahun lalu, dalam perjalanan ini para Baikers akan coba #GoDiscover keunikan dan hal-hal keren yang "Indonesia banget" dari tokoh-tokoh inspiratif
di tiap kota yang akan disambangi.

Tujuannya? Untuk Belajar Menjadi Indonesia. Akan ada 14 Baikers yang berangkat, yaitu Ananda Omesh, Imam Darto, Nabila Putri, Dimas Anggara dan Denny Chasmala yang juga mengikuti kegiatan tahun lalu. Ditambah dengan peserta baru untuk tahun ini yakni Kevin Julio, Ganindra Bimo, Andrea Dian, Poppy Sovia, Melki Bajaj, Eddi Brokoli, Ferry Maryadi, Den Dimas dan M Fadli.

Nama terakhir dipilih oleh tim Motorbaik, karena dedikasinya yang tinggi terhadap dunia olahraga khususnya balap motor dan balap sepeda, meski memiliki kekurangan pada kaki akibat cedera saat mengikuti kejuaraan balap Asia di Sentul 2015.

"Sesuai dengan tema kita tahun ini yakni perjalanan inspirasi, kami ajak M Fadli yang juga bisa menularkan kepada kami dan masyarakat tentang semangat. Dan kekurangan bukanlah halangan untuk berkontribusi. Ia juga dikenal luas sebagai penggemar motor sejati khususnya skuter," sebut Omesh tentang pemilihan M Fadli.

(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed