Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 14 Juli 2017, 08:48 WIB

Rangsang Daya Beli, Leasing Motor Diharapkan Bikin Penawaran Menarik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rangsang Daya Beli, Leasing Motor Diharapkan Bikin Penawaran Menarik Foto: Aris Ginanjar
Jakarta - Penjualan sepeda motor pada periode Januari-Juni 2017 mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Melihat ini, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pun merevisi target penjualan motor.

Sebelumnya AISI menetapkan target penjualan sebanyak 5,9 juta unit sampai akhir 2017. Kini, target penjualan AISI direvisi menjadi 5.750.000 unit pada 2017 ini.

Berdasarkan data AISI yang diperoleh detikOto, Kamis (13/7/2017), sampai Juni 2017 AISI mencatat penjualan sebanyak 2.700.546 unit. Angka itu turun dari 2,9 juta unit pada Januari-Juni 2016.

Menurut Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, salah satu penyebab menurunannya penjualan ini adalah karena daya beli masyarakat yang masih rendah. Diharapkan, perusahaan pembiayaan atau leasing juga bisa memberikan rangsangan untuk menambah daya beli.

"Kita enggak bisa hanya dari sisi anggota AISI. Ini mesti melibatkan APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia), karena anggota APPI juga mendukung supaya bikin stimulus dari paket kreditnya. Supaya jualannya bisa lebih baik daripada semester I," kata Sigit kepada detikOto, Kamis (13/7/2017).

Stimulus itu, kata Sigit, mungkin bisa berupa paket kredit yang meringankan konsumen. Sebab, lanjutnya, kalau hanya diskon saja tidak terlalu mengangkat daya beli.

"Ini kita akan bahas nanti bersama APPI," kata Sigit. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed