Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 09 Juni 2017, 10:12 WIB

UGM Bantu Viar Tambah Kandungan Lokal Motor Listrik

M Luthfi Andika - detikOto
UGM Bantu Viar Tambah Kandungan Lokal Motor Listrik Motor listrik Viar Q1 (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Universitas Gadjah Mada membantu Viar mengembangkan motor listrik Q1 yang dijual seharga Rp 16,2 juta (on the road Jakarta). Meski demikian Viar mengakui motor listrik mereka baru memiliki kandungan lokal hingga 20 persen saja. UGM digaet untuk lebih melokalkan motor listrik Q1.

"UGM, mereka akan mempelajari motor listrik, dan nantinya untuk melokalisasikannya," kata Direktur PT Triangle Motorindo, Sutjipto Admotjo di Jakarta.

Hal ini tentu perlu dilakukan, karena Viar Q1 saat ini memang masih mengandalkan Bosch sebagai motor penggeraknya.

Viar Q1Viar Q1 Foto: Mindra Purnomo


"Memang Bosch memperbolehkan teknologi mereka diambil alih? Kalau negara Eropa kan, mereka lebih terbuka untuk masalah R&D. Mereka-kan mempublish perkembangan mereka, jadi semua orang bisa baca," katanya.

"Jadi bukan paten, tapi apa yang mereka temukan akan diinfokan. Jadi orang tahu di negara ini kemajuannya sudah sampai mana. Sehingga diharapkan Viar dan UGM bisa research bersama-sama,

Lalu kapan Viar akan benar-benar melokalkan motor listrik Viar Q1?

"Kita tinggal lihat aja, di dalam negeri ini produk apa yang ada. Karena kan kalau bicara, misalnya mau buat dalam negeri. Ya kita kan bicara balik lagi ke bahan baku. Besinya untuk mencapai harga murah ada atau tidak? Karena kan basis impor industri Indonesia boleh dibilang agak kurang," tambahnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +