Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 27 April 2017, 13:18 WIB

VW Pertimbangkan Jual Ducati

Alfiza Satrio - detikOto
VW Pertimbangkan Jual Ducati Foto: Dadan Kuswaraharja
Wolfsburg - Perusahaan otomotif terbesar di Eropa, VW Group, dikabarkan berencana menjual salah satu brand dalam grup mereka yaitu pabrikan motor Italia, Ducati.

Penjualan Ducati menjadi pertimbangan VW demi memangkas kerugian yang mereka terima akibat skandal emisi yang mereka lakukan.

Dilansir Reuters, Kamis (27/4/2017) VW memang sudah mulai memangkas pengeluaran mereka, salah satunya adalah dengan memberhentikan ribuan tenaga kerja. Hal ini juga dilakukan untuk mengembangkan proyek mobil listrik mereka.

VW juga kabarnya telah meminta perusahaan investasi, Evercore, untuk menganalisis segala kemungkinan yang terjadi apabila Ducati benar-benar akan dijual nantinya.

Meskipun VW diberitakan sudah mulai mencari pembeli-pembeli yang potensial, keputusan akhir mengenai apakah Ducati akan dijual masih belum ditentukan.

Ini bukan kali pertama Ducati dikabarkan akan dijual oleh Audi. Audi sendiri sudah berkali-kali menolak kabar penjualan merek ini.

Ducati sendiri diakuisisi oleh Audi pada 2012 lalu dengan nilai hampir Rp 12,5 triliun.

Pabrikan motor asal Italia ini juga memperoleh pendapatan tahunan Ducati di luar pajak, bunga, depresiasi dan amortisasi mencapai Rp 1,5 triliun. Nah jika dijual, harga Ducati akan mencapai 10 kali lipat lebih menembus angka sekitar Rp 21,7 triliun.

Analis dulu sempat mempertanyakan pembelian Ducati oleh Audi ini. Pembelian merek Ducati dianggap tidak memiliki alasan industrial yang logis dan hanya memperlihatkan keinginan mantan Chairman VW Ferdinand Porsche semata.

Porsche sendiri sudah tidak lagi menjadi chairman VW dan sudah menyetujui menyerahkan sahamnya di Porsche SE yang mengontrol VW kepada saudaranya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +