Rabu, 12 Apr 2017 09:11 WIB

Soal Beli Motor di Dunia Maya, Ini Jawaban Google

Alfiza Satrio - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Google, baru saja merilis hasil penelitian mereka mengenai karakter konsumen Indonesia dalam membeli mobil.

Dari hasil ini, Google mencatat bahwa mayoritas konsumen menggunakan internet sebagai media untuk melakukan pencarian informasi terkait mobil yang akan mereka beli. Namun sayangnya, Google saat ini belum melakukan penelitian serupa untuk konsumen Indonesia dalam melakukan pembelian kendaraan roda dua.

Head of Industry Google Indonesia, Amalia Fahmi, berujar bahwa penelitian yang mereka lakukan baru mencakup karakteristik konsumen Indonesia ketika akan membeli mobil.

"Saat ini kami baru meneliti untuk melihat kebiasaan-kebiasaan konsumen saat ingin membeli mobil, seperti informasi apa yang mereka cari, apa yang menjadi pertimbangan, seperti itu. Kalau untuk motor, kami belum melakukan penelitian seperti ini," jelas Amalia.

Meskipun begitu, ia mengakui bahwa memang para pembeli motor saat ini semakin marak yang menggunakan situs jual beli online untuk membeli motor dan merasa riset ini akan mungkin di lakukan di kemudian hari.

"Iya, saya tahu kalau di e-commerce sudah bisa beli motor secara online. Tapi saat ini kita belum lakukan riset kesitu. Mungkin nanti akan ada sesi lagi kalau kita sudah teliti soal ini," papar Amalia.

Amalia pun menutup dengan mengatakan bahwa memang tujuan Google melakukan survey ini semata-mata karena tertarik dengan bagaimana internet memengaruhi kebiasaan orang saat membeli mobil. Oleh karena itu pula Google tak menspesifikasi pertanyaan ke arah brand atau tipe mobil apa yang lebih banyak diminati para responden. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com