Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 31 Maret 2017, 13:47 WIB

Ini Motor Sport Listrik Pertama dari India

Dina Rayanti - detikOto
Ini Motor Sport Listrik Pertama dari India Foto: Pool (Drivespark)
Bengaluru - Sebuah perusahaan teknologi rintisan asal Bengaluru India, Emflux Motor, tengah menggembangkan motor sport listrik untuk pertama kalinya di India.

Motor listrik dari Emflux itu diklaim bisa berlari 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik saja. Motor ini juga bisa mencapai kecepatan puncak hingga 170 km/jam. Pengisian ulang terbilang cepat, 80 persen baterai penuh bisa hanya dalam waktu 36 menit saja berkat charger cepat DC.

Emflux pertama kali ditemukan oleh Mittal, alumni ITT Delhi dan Ankit Khatry, lulusan dari Indus Business Academy. Mereka berencana mengembangkan Emflux jadi motor prototipe dan bisa dipamerkan di India Auto Expo.

Semua komponennya dibuat di sebuah rumah termasuk motor dan kontroler motornya, serta sistem baterainya.

Tak hanya itu, lintasan pengisian ulang, komponen pendukung motor listrik, sasis, lengan ayun, suspensi, transmisi, panel bodi, dan lampu juga bakalan dibuat di dalam rumah bukan di pabrik yang besar

Model pertama diproduksi dalam jumlah terbatas hanya sekitar 200 unit saja dengan harga sekitar 500.000 Rupee atau sekitar Rp 102 jutaan. Model prototipe yang pertama bakalan menjadi motor dengan full-fairing.

Tak hanya itu, meski perusahaan baru, model kedua pun telah disiapkan dengan harga yang lebih murah dan dalam kategori naked tapi performa tak kalah dengan model yang pertama.

Ini Motor Sport Listrik Pertama dari IndiaFoto: Pool (Drivespark)


Model 2 ini ditawarkan dalam dua versi satu dengan daya jelajah 150 km sementara satu lagi mencapai daya jelajah 220 km. Ada juga model 3 dengan spesifikasi yang lebih baik dari Model 1.

Kendaraan bertenaga listrik kini telah menjadi alternatif pilihan transportasi sehingga itu yang menjadi pertimbangan Emflux mengembangkannya dan menjadikannya prioritas. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed