Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 28 Februari 2017, 15:54 WIB

Kawasaki Incar Pasar Baru untuk Ekspor Motor Buatan Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kawasaki Incar Pasar Baru untuk Ekspor Motor Buatan Indonesia Foto: File Foto detikOto
Surabaya - Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) diminta untuk menggenjot ekspor sepeda motor. Salah satu anggotanya, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pun berharap, jumlah motor yang diekspornya bakal meningkat.

Deputy Head Sales and Promotions KMI, Michael C. Tanadhi mengatakan, pihaknya telah mengekspor motor Kawasaki KLX 150 dan Ninja 250 SL ke berbagai negara. Menurut dia, soal jumlah ekspor motor itu tergantung permintaan dari berbagai negara.

"Dan KHI (Kawasaki Heavy Industries) sebagai prinsipal juga mencari market-market baru untuk menambah pasar ekspor dari Indonesia," kata Michael kepada detikOto belum lama ini.

KMI juga tidak bisa menargetkan jumlah ekspor sepeda motor. Sebab, jumlah tersebut sangat terkait dengan permintaan di pasar tujuan ekspor.

"Yang pasti ekspor itu lebih ke KHI dan pasar di sana seperti apa yang menentukan. Enggak yang semata-mata kita genjot banget ekspor itu," ujar Michael.

Michael berharap, ekspor sepeda motor dari Kawasaki akan naik. Apalagi, ada beberapa negara baru juga yang menjadi tujuan ekspor motor dari Indonesia.

"Semoga naik. Saya enggak berani masang target tinggi. Tapi baru-baru ini kita uji coba ke Iran untuk KLX 150. Kita sudah mulai kirim 100 unit ke Iran. Dan ke Myanmar kita juga baru terima order, dia baru launching KLX 150, sudah dikirim sekitar 30 unitan," kata Michael.

Michael mengatakan, KMI rata-rata telah mengekspor sepeda motor sebanyak 6.000 unit dalam setahun atau 500-600 unit per bulan. Andalannya adalah KLX 150.

"KLX 150 basis produksinya memang di Indonesia. Komponen lokalnya sih sudah 70 persen," ucap Michael.

"Untuk pasar tujuan ekspor yang saya ingat itu ke Filipina, ke Thailand, Iran, Myanmar, terus beberapa negara di Eropa, Amerika juga untuk Ninja 250 SL," sebut Michael.


(rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed