Selasa, 17 Jan 2017 16:54 WIB

Mobil Baru

Venturer Dikembangkan dan Diproduksi di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Toyota Astra Motor Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta - Innova Venturer merupakan salah satu mobil Toyota yang dikembangkan dan diproduksi di Indonesia. Meski buatan lokal, Venturer diklaim kualitasnya bisa bersaing dengan mobil-mobil lain.

"Jadi sejak tahun 2006, kita memang mendevelop yang namanya bagian dari TAM, product development TAM yang sifatnya lebih banyak ke development, bekerja sama dengan desainer-desainer TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) juga, apa yang kami harapkan di masa mendatangnya," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto saat peluncuran Venturer di Jakarta.



"Itu sebenarnya adalah bisa menghadirkan produk yang localties tapi kualiasnya global, sehingga produk-produk kita ini seperti salah satunya Kijang kita produksi di Indonesia, tapi kita ekspor, (saat ini Venturer) sehingga market di luar negeri juga bisa merasakan, kendaraan-kendaraan yang diproduksi oleh Indonesia," sambung Soerjo.

Menurutnya dalam mengembangkan sebuah mobil, pihak Toyota Indonesia tetap diawasi oleh prinsipalnya di Jepang. Seperti melakukan modifikasi misalnya ada beberapa pertimbangan agar tidak asal mengganti speknya.

Venturer Dikembangkan dan Diproduksi di IndonesiaFoto: Grandyos Zafna


"Tentunya kami melalui proses koordinasi, dengan Toyota Asia Pasifik atau bahkan sampai ke level Toyota Motor Corporation, jadi yang kami harapakan ubahan atau modifikasi kita tidak mengganggu performance dari kendaraan tersebut," tambah Soerjo.

"Jadi kami diberitahu seberapa jauh toleransiya mengubah komponen-komponen seperti spoiler dan lain-lain, seberapa besar pengaruhnya terhadap kendaraan, jadi yang dihasilnya produknya akan baik dan berkualitas," lanjut Soerjo.



(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com