Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 06 Januari 2017, 15:56 WIB

Lampu Rem Ini Bisa Dipasang ke Helm

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Lampu Rem Ini Bisa Dipasang ke Helm Foto: Cosmo Brake
Jakarta - Lampu rem merupakan perangkat penting dalam sebuah kendaraan. Bahkan, ada inovasi baru yaitu lampu rem yang bisa ditempelkan ke helm.

Adalah Cosmo Connected yang menyediakan lampu rem untuk ditempel ke helm. Lampu rem ini bisa memberikan sinyal untuk mengingatkan pengendara di belakang.

Lampu rem Cosmo ditempel pada bagian belakang helm menggunakan magnet. Rumah lampu rem terbuat dari polikarbonat dan karet EPDM berisi 12 lampu LED dan tahan segala cuaca.

Lampu ini didukung dengan baterai lithium polymer yang mampu menyala hingga 7,5 jam dalam sekali pengisian. Lampu ini bisa diprogram sebagai lampu rem normal yang bisa menyala terang ketika motor sedang mengerem dan terbaca oleh built-in accelerometer. Atau, lampu ini bisa diatur melalui aplikasi untuk menjadi lampu berkedip konstan.

"Tujuan kami adalah untuk menciptakan sebuah standar keamanan baru untuk pengendara sepeda motor," kata Presiden Cosmo Connected, Romain Afflelou di rideapart.com.

"Cosmo bukan hanya gadget yang terhubung, tapi alat yang ampuh yang dirancang untuk menyelamatkan nyawa," tambah Afflelou.

Ketika mendeteksi tabrakan, sistem ini akan mengirim perintah ke aplikasi yang terhubung untuk meningkatkan layanan darurat bersama dengan info lokasi dan profil medis. Aplikasi ini juga bisa secara otomatis memberikan sinyal ke kontak darurat.

CosmoConnected akan dirilis pada Mei 2017 mendatang. Perangkat ini dijual seharga US 99 (Rp 1,3 jutaan).

(rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed