Sabtu, 17 Sep 2016 11:32 WIB

Motor Listrik Nasional

Hasil Dyno Test, Motor Listrik Gesits Samai Skutik 125 cc

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jakarta - Motor listrik nasional Gesits hasil garapan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuktikan kemampuannya. Dalam dyno test motor memang memiliki kemampuan setara dengan motor bermesin 125 cc.

Dalam pengetesan lewat dyno test, Gesits mengeluarkan tenaga sampai 8,2 kw atau setara dengan 11 hp. Kecepatan maksimumnya mencapai 99 km per jam.

"Si "Gesits" lagi olah raga Treadmill 😀...!! 100% power and throttle, 8,2 KW maks speed 99 kpj @ dyno test," tulis CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah sumringah di laman Facebooknya.



Motor memang masih terus disempurnakan menjelang produksi massal. Garansindo sebelumnya menargetkan bisa memproduksi massal Gesits pada tahun 2017 dan dijual ke konsumen pada tahun 2018.

Gesits menggunakan baterai lithium ion, dapat menempuh jarak sejauh 80 - 100 km untuk satu kali pengisian baterai. Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 - 3 jam.

Teknologi kendaraan listrik masih mempunyai potensi yang sangat besar karena merupakan teknologi yang relatif baru dan sedang dikembangkan di beberapa negara sehingga kesempatan Gesits untuk masuk dalam persaingan global cukup besar.

"Disinilah potensi yang dilihat oleh Garansindo dan mendorong kemampuan anak bangsa untuk mewujudkan Indonesia mempunyai kebangaan dengan memiliki kendaraan hasil karya Indonesia," ujar Muhammad.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com