Anak SMK Pakai Elektromagnetik untuk Hemat BBM Motor

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Senin, 06 Jun 2016 11:42 WIB
Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) memperlihatkan hasil karya mereka. Sebuah penghemat BBM yang menggunakan elektromagnetik.

Memang penggunaan elektromagnetik untuk menghemat bahan bakar ini bukan hal yang baru. Beberapa alatnya sudah beredar di pasaran. Tetapi mereka membuat penghemat bahan bakar itu dari bahan-bahan yang gampang dicari.

Penghemat BBM untuk motor yang dikembangkan siswa SMK ini menggunakan bahan sederhana dan mudah ditemui seperti pelat seng, kawat email dan resistor.

"Kawat emailnya 0,01 mm seberat 1 ons, resistor 1 kilo ohm dan lampu indikator LED biasa," ujar Ibnu Hafizh, siswa SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes kepada detikOto, akhir pekan lalu.



Penghemat bahan bakar elektromagnetik berbentuk kumparan yang ditutupi dengan plastik itu dipasang di saluran bensin antara fuel fump dan injektor motor. Listriknya diambil dari aki motor. Kok bisanya magnet membuat motor jadi irit bensin, apa hubungannya? Ala seorang dosen, Ibnu Hafizh mulai menjelaskan prosesnya.



Intinya bahan bakar seperti bensin itu memiliki komponen hidrokarbon (CH) yang tidak beraturan, molekulnya saling tertarik satu sama lainnya. Dengan dipasangi magnet, maka komponen hidrokarbon tadi akan terinduksi dan berubah sifatnya menjadi beraturan dan homogen.

Ibaratnya kalau orang melewati terowongan saling berdesak-desakan, maka sulit untuk melewati terowongan, tetapi kalau teratur maka melewati terowongan lebih mudah.

"Kalau motor biasanya 1 liter mencapai 40 km, maka kalau menambah penghemat BBM Nebula X Power rancangan kami ini bisa bertambah 10 km lagi. Kalau untuk emisi gak berpengaruh karena motor sudah bagus emisinya dari pabriknya," ujarnya saat ditemui detikOto pekan lalu.

Inovasi lain

Selain penghemat BBM ini, siswa SMK lain tepatnya SMK Banjarbaru Kalsel menciptakan alat pendorong piston caliper rem cakram agar mudah dibersihkan.

Baca juga: Standar Agar Motor Dapat Diparkir di Tempat Miring

(ddn/ddn)