Senin, 12 Okt 2015 19:37 WIB

Belum Berniat Ikuti Jejak Biker Mario Iroth, Ahmad Yunus Pilih Eksplorasi Priangan

Niken Purnamasari - detikOto
Jakarta - Jawara Castrol Power1 Legendary Bikers 2014, Ahmad Yunus getol melakukan touring di dalam negeri. Bumi Priangan, Bandung jadi start awal ia mengeksplorasi keindahan dan keberagaman tanah Indonesia.

Lewat 'The Journey of Bumi Priangan", Ahmad Yunus baru saja menemukan hal penting di tanah Pasundan, khususnya daerah Pangalengan.

Biasanya di daerah tersebut terkenal dengan peternakan sapi serta pengolahan susu. Namun ia baru menemukan jika di daerah Pangalengan terdapat perkebunan kopi Malabar.

Selain itu, kopi juga dibudidayakan untuk dijadikan kopi luwak. Hal itu melihat tingginya peminat kopi luwak dan penjualan secangkir kopi tersebut dengan harga fantastis.

"Saya lahir di Bandung dan masih banyak tempat yang belum saya tahu yang sebenarnya menarik. September lalu saya eksplorasi Bandung bagian selatan tepatnya Pangalengan. Tiga tahun terakhir kopi malabar penjualannya melesat disana," ujar Ahmad di Jakarta, Senin (12/10/2015).

“Sejarah kopi pertama di Indonesia ternyata ada disana. Jauh sebelum kopi Gayo, Toraja, dan lain-lain. Ini cerita menarik. Di sana ada budidaya kopi luwak juga. Secangkir kopi luwak di Amerika Serikat bisa Rp 2-3 juta,” ujarnya.

Saat ditanya detikOto tentang rencana dirinya mengikuti biker Mario Iroth, Ahmad mengaku ingin mengeksplorasi bumi pertiwi Indonesia terlebih dulu.

"Program pertama saya menuntaskan di Jawa Barat dulu. Outputnya bikan hanya eksplorasi perjalanan tapi juga tempat-tempat yang menurut saya inspiring. Rencananya September Oktober semoga sudah selesai dan November orang-orang bisa lihat," ungkapnya.

Bagi anda yang ingin melihat langsung keseruan Ahmad Yunus mengeksplorasi Jawa Barat dapat mengintip langsung melalui instagram dengan akun @Meraba_Indonesia.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com