Senin, 12 Okt 2015 18:13 WIB

Mario Iroth Berbagi Pengalaman Jaga Stamina Tubuh dan Motor

Niken Purnamasari - detikOto
Jakarta/Paris - Melakukan touring ke 14 negara di dunia, tentu perlu stamina yang prima. Bukan hanya stamina tubuh saja, stamina pada motor juga perlu dijaga agar tetap prima. Hal itu yang dilakukan biker Mario Iroth selama perjalanan Bandung-Paris sejauh 24.000 km.

Baru saja menapaki Kota Paris sungguhan dari Paris van Java Bandung hari ini, Castrol POWER1 Legendary Bikers 2014 itu berbagi pengalaman untuk menjaga stamina tubuh dan motor agar tetap prima.

Apalagi medan yang harus dilewatinya beragam. Mulai dari cuaca panas hingga cuaca dingin ia lewati dalam perjalanan menjelajahi benua Asia dan Eropa.

Untuk menjaga stamina tubuh, makanan serta pakaian harus diperhatikan. Apalagi jika medan yang bakal dihadapi memiliki suhu dingin karena karakter fisik orang Indonesia di iklim tropis yang harus beradaptasi.

"Makanan kalau sarapan normal seperti Indonesia seperti roti. Lebih banyak karbohidrat. Waktu di India saya juga makan nasi kari. Kalau malam lebih ke makan yang berat-berat. Di Eropa saya makan banyak cokelat biar tetap hangat," kata Mario.

"Kalau pakaian seperti di Iran gak jauh beda kaya di Indonesia. Cuma waktu saya di Jerman harus beli gloves dan penutup leher karena disana mulai masuk winter. Saya juga pakai baju berlapis di Eropa karena dingin," lanjutnya.

Selain menjaga stamina tubuh, ia juga berbagi cara menjaga motor tetap oke dengan mengganti oli saat mencapai batas kilometer tertentu.

"Setiap 3 sampai 4 ribu kilometer saya ganti oli. Karena saya pakai motor 600cc, sekali ganti oli bisa sampai 3 botol," ungkap Mario via Skype bersama media, Senin (12/10/2015).

Tak hanya mengganti oli, saat berada di Eropa, Mario juga rajin mengganti air radiator karena suhu udara yang dingin. Untuk settingan motor, ia mengaku tidak mengganti-ganti.

"Di Eropa dengan suhu udara yang minus, saya juga ganti air radiator yang bisa bertahan dengan suhu dingin. Settingan motor sendiri tidak saya ubah-ubah sejak start dari Indonesia," ujarnya berbagi tips.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com