Senin, 21 Sep 2015 10:16 WIB

Ilham Lalui Jalan Berliku Sebelum Helm Racikannya Dipakai Go-Jek

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jakarta - Helm racikan Ilham Pratama dipercaya untuk melindungi 40.000 driver dan penumpang Go-Jek. Untuk mendapatkan kepercayaan seperti itu, Ilham melaluinya dengan tidak mudah.

“Bisnis ini tidak besar begitu saja. Banyak kendala yang kita hadapi dan kami harus riset dari hal yang paling kecil, bahkan kami harus menghadapi trial and error beberapa kali. Namun, saya semakin tertantang dengan kondisi seperti itu dan saya orang yang tidak akan berhenti mencoba sebelum berhasil,” ujar Ilham, Senin (21/9/2015).

Dalam keterangannya, sebelum bekerjasama dengan Gojek, Ilham juga pernah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan swasta, instansi pemerintah hingga kalangan selebritas.

Dalam sinetron bertema Bandung yang sempat hits beberapa waktu lalu, Ilham juga turut berperan dalam mendesain dan memproduksi helm yang digunakan sejumlah pemainnya.

Dari situ ilham mencoba untuk menambah keahlian dengan mengecat ulang helm dengan berbagai variasi.

Seiring dengan banyaknya pesanan, pria berdarah Tasikmalaya ini berinisiatif untuk memproduksi helm sendiri. Dari situ lah merek Ramopro tercipta. Dan kini, Ramopro tumbuh menjadi merek pelindung kepala yang diperhitungkan bagi banyak pecinta otomotif ataupun perusahaan. Produk yang ditawarkan Ramopro tidak hanya costum perusahaan, tetapi juga bisa costum personal, bahkan produk masal.

Dirinya berharap, usaha kecil menengah yang digeluti banyak orang termasuk dirinya dapat terus bertahan kendati kondisi perekonomian tengah mengalami kendala. Karena itu, dirinya berpesan agar pemerintah dan masyarakat terus mendukung produk dalam negeri dan hasil karya anak bangsa.

“Produk dalam negeri harus terus didukung, karena akan berdampak kepada roda perekonomian dan mengurangi angka pengangguran. Selain itu, bila produk dalam negeri terus menjadi pilihan tidak menutup kemungkinan akan bersaing dan diperhitungkan pasar internasional,” harap ayah tiga anak ini.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com